Berita Belitung

Anggaran Desa di Belitung Tahun 2020, Rata-rata Setiap Desa Dapat Rp 2,5 Miliar

Semuanya sudah ditetapkan melalui tiga Perbup dari 26 Desember kemarin. Jadi rata-rata per desa itu anggarannya sekitar Rp 2,5 miliar tahun ini

Anggaran Desa di Belitung Tahun 2020, Rata-rata Setiap Desa Dapat Rp 2,5 Miliar
posbelitung.co/dede s
Kabid PMD, DPPKBPMD Kabupaten Belitung Antonio Afriza. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD) Kabupaten Belitung telah menetapkan besaran pagu Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD) dan Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah (BHPRD) tahun anggaran 2020.

Penetapan pagu melalui Peraturan Bupati (Perbub) sejak 26 Desember 2019. 

Besaran DD tahun anggaran 2020 untuk 42 desa se Kabupaten Belitung ditetapkan sekitar Rp Rp 48 miliar, lalu ADD sekitar Rp 56,4 miliar dan terakhir BPHRD sekitar Rp 9 miliar.

"Semuanya sudah ditetapkan melalui tiga Perbup dari 26 Desember kemarin. Jadi rata-rata per desa itu anggarannya sekitar Rp 2,5 miliar tahun ini," ujar Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, DPPKBPMD Antonio Afriza kepada posbelitung.co, Jumat (10/1/2020).

Ia mengakui untuk proses penetapan pagu DD, ADD dan BHPRD dipercepat dengan harapan anggaran tersebut bisa dicairkan di awal tahun.

Bahkan proses verifikasi dan evaluasi di tingkat kecamatan sudah berjalan dan rata-rata hampir selesai.

Sehingga Anton memprediksi proses pencairan anggaran desa bisa diajukan mulai akhir Januari 2020.

"Memang kami usahakan pencairan bisa lebih cepat, akhir Januari ini juga sudah bisa mengajukan. Sebelumnya yang jadi kendala itu penetapan pagu, tahun ini kami percepat," ungkapnya.

Ia menjelaskan rincian DD untuk setiap desa di alokasikan secara merata dan berkeadilan berdasarkan alokasi dasar, alokasi afirmasi, alokasi kinerja dan alokasi formula.

Lalu, khusus Kabupaten Belitung pada tahun 2020 tidak lagi mengadopsi alokasi afirmasi.

Halaman
123
Penulis: Dede Suhendar
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved