Banjir Belitung Timur

Banjir, Warga di Belitung Timur Harapkan Ada Solusi

Warga terdampak genangan air pun tampak sibuk memindahkan barang-barang di rumahnya ke tempat tinggi agar tidak basah.

posbelitung.co / Suharli
Beberapa rumah warga yang tergenang banjir di Desa Mempaya, Kecamatan Damar. Jumat (10/1/2019) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNGTIMUR - Warga yang rumahnya tergenang banjir di sejumlah titik di Kabupaten Belitung Timur mengharapkan pemerintah daerah dapat segera mengatasi kasus tergenangnya air.

Pantauan posbelitung di ruas jalan Desa Mempayak misalnya, beberapa rumah bahkan kantor BPD Desa Mempayak tergenang air sekitar 20-30 centimeter.

Warga terdampak genangan air pun tampak sibuk memindahkan barang-barang di rumahnya ke tempat tinggi agar tidak basah.

Febriano, warga Desa Mempaya saat ditemui di kediamannya mengatakan ketika hujan deras turun dengan durasi yang relatif lama, maka rumahnya pasti tergenang air.

"Ini karena saluran airnya kurang, kalau saja saluran airnya banyak atau penampungan hilirnya diperbesar mungkin air tergenang ini dapat berkurang," pria yang akrab disapa Ano ini, Jumat (10/1/2019).

Dia mengatakan barang-barang dirumahnya sudah terlebih dahulu diamankan karena mengingat debit air yang terus bertambah.

"Kalau di rumah barang-barang sudah diselamatkan lebih dulu, dinaik-naikan, cuman takut kalau misal dak dirumah barang-barang kan bisa habis kerendam," ujar Ano.

Dia menyampaikan sebelumnya desa dan camat sudah pernah untuk menambah saluran air.

"Sudah pernah diusulkan beberapa tahun 2017 lalu, tapi mungkin anggaran belum dapat atau kelanjutan belum bisa, dulu diusulkan untuk membuat selokan, tapi sekarang belum ada," ujarnya.

Dia pun mempertanyakan lokasi yang sudah menjadi langganan air tergenang dari tahun ketahun, namun belum mendapatkan solusi dari pemerintah untuk mengatisipasinya.

Halaman
1234
Penulis: Suharli
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved