Advertorial

Festival Ngerepak Durin Belitung 2020

WARGA berduyun-duyun mendatangi kebun durian atau Kelekak Durin Gunung Sang, Dusun Aik Gede, Desa Kembiri, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung

Festival Ngerepak Durin Belitung 2020
ist/Kembiri Desa Wisata Durian
Festival Ngerepak Durin Belitung 2020 

POSBELITUNG.CO--WARGA berduyun-duyun mendatangi kebun durian atau Kelekak Durin Gunung Sang, Dusun Aik Gede, Desa Kembiri, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, Sabtu (11/1) pagi. Di tempat itu digelar Festival Ngerepak Durin Belitung 2020 yang berlangsung hingga Minggu (12/1) kemarin.

Panitia menyiapkan berbagai acara. Pada hari pertama berupa lomba-lomba, antara lain mengolah atau membuat menu berbahan durian, nepuk durian, makan durian, serta kontes. Sementara pada hari kedua berupa lomba joget durian dan hiburan campak darat.

Pengunjung pun bisa menikmati durian sepuasnya. Cukup membayar Rp 50.000 per orang, panitia selanjutnya memberikan tanda pengenal lalu. Mereka kemudian diarahkan ke tempat yang telah ditentukan lalu menyantap si raja buah sampai puas.

Festival dibuka Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem). Turut hadir Wakil Bupati Isyak Meirobie, Forkopimda, serta tamu undangan lainnya.

Sanem dalam sambutannya Festival Ngerepak Durin Belitung 2020 ini adalah suatu inovasi dalam hal memanfaatkan potensi di daerah, dalam hal ini di Desa Aik Gede. Kegiatan tersebut dapat memajukan sektor tanaman buah khususnya buah durian lokal. Sekaligus juga sebagai ajang promosi di bidang pariwisata.

“Ke depannya durian lokal ini akan disinergikan, dibudidayakan, dipilih yang terbai sehingga nantinya bisa diekspor,” kata Sanem.

Ia menilai, di sisi lain festival ini merupakan suatu kreativas masyarakat dalam hal membudidayakan durian. Kemudian membuat makanan berbahan dasar buah durian.

“Bisa kita lihat ada banyak berbagai makanan olahan dari masyarakat seperti getas, pisang, jungkong yang semuanya berbahan dasar durian,” ujarnya ketika meninjau stan.

Sanem menyebut, pemerintah selama ini sudah berkontribusi memberi bantuan untuk daerah setempat. Seperti infrastruktur pembangunan jalan sehingga mempermudah para petani dalam melakukan aktivitas berkebun.

“Kami juga akan memberikan bantuan bibit serta tata cara pengelolaan pembibitan yang baik,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved