Breaking News:

Hat-hati Memilih Telur untuk Dimasak, Simak 4 Tips Menentukan Telur Busuk atau Telur Segar

Telur busuk tak hanya mempengaruhi aroma makanan, tetapi jika dikonsumsi, telur busuk akan membahayakan kesehatan tubuh.

Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Telur yang dijual di Pasar Tanjungpandan mengalami kenaikan hingga Rp 1.800 per butir. 

POSBELITUNG.CO - Hati-hati saat memilih telur untuk dimasak. Telur busuk tak hanya mempengaruhi aroma makanan, tetapi jika dikonsumsi, telur busuk akan membahayakan kesehatan tubuh.

Chef President of Association of Culinary Professionals sekaligus Executive Chef di APREZ Catering & AMUZ Gourmet Restaurant, Stefu Santoso dan Pastry Chef Pullman Jakarta Feri Sulfian, memberikan tips untuk memilih telur yang segar.

1. Bantuan lampu

"Cara memilih biasanya bisa dilakukan dengan melihat dengan lampu atau cahaya terang, supaya terlihat bentuk bulat kuningnya," jelas Stefu saat dihubungi oleh Kompas.com, Minggu (12/1/2020).

2. Lihat bagian kuning dan putih telur

Namun, menurut Stefu, cara terbaik adalah membuka telur. Lalu lihat kuning telur dan putih telurnya. Telur yang busuk bagian putihnya akan cair dan tidak kental.

3. Aroma

Selain itu, cium aroma telurnya. Telur yang baik tidak akan tercium bau busuk yang menyengat.

Telur dengan kualitas baik juga tidak memiliki bau amis yang kuat. Caranya yang paling aman adalah membukanya dan mencium aromanya. Hati-hati saat membuka telur, jangan sampai tercampur dengan adoanan," jelas Feri kepada Kompas.com, Minggu (12/1/2020).

Telur busuk memiliki aroma busuk yang sangat kuat.

Halaman
12
Editor: Novita
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved