Berita Belitung

PABRIK di Belitung Sanggup Produksi Hingga 4000 Liter Arak, Ini Fakta-fakta Penggerebekkan Kemarin

Jumlah 4000 liter itu hampir setara dengan kapasitas tangki truk PDAM yang bisa hingga puluhan kali mengisi bak mandi rumah anda.

PABRIK di Belitung Sanggup Produksi Hingga 4000 Liter Arak, Ini Fakta-fakta Penggerebekkan Kemarin
posbelitung.co/Disa Aryandi
Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) bersama Satpol PP Kabupaten Belitung melakukan penggerebekan pabrik arak di hutan Gunung Lalang, Desa Aik Seruk, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung , Senin (13/1) 

POSBELITUNG.CO - Sebuah pabrik arak di hutan Gunung Lalang, Jalan Ranati, Desa Aik Serkuk, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, diperkirakan bisa menghasilkan hingga 4000 liter arak tiap kali produksi.

"Sentra" pembuatan arak di kecamatan lokasi KEK Pariwisata itu digerebek oleh Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) dan petugas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Belitung, Senin (13/1/2020) kemarin..

Angka 4000 ribu liter bukan jumlah yang sedikit.  Poseblitung.co mencoba menghitung bahwa jumlah ini hampir setara dengan kapasitas tangki truk PDAM yang bisa hingga puluhan kali mengisi bak mandi rumah.

Kepada posbelitung.co, Sanem tak menampik dugaan bahwa penggerebekkan ini telah bocor. Dia bersama petugas hanya menemukan pondok yang telah terkunci, tak didapati pekerja, dan puluhan ember besar yang disembunyikan di semak belukar. 

Dirangkum dari pemberitaan posbelitung.co sejak Senin (13/1/2020) hingga Selasa (14/1/2020), berikut fakta-fakta penggerebekkan pabrik arak hutan Gunung Lalang, Desa Air Serkuk, Kecamatan Sijuk:

1. Ditaksir Sanggup Produksi hingga 4000 Liter, Tergantung Pesanan

Ihwal perkiraan produksi dan jalur distribusi arak dari pabrik hutan Gunung Lalang ini disampaikan Kepala Satpol PP Belitung Azhar kepada posbelitung.co, Selasa (14/1/2020). Azhar tak menampik pabrik arak hutan Gunung Lalang memproduksi arak dalam jumlah banyak.

Angka 4000 liter diestimasikan berdasarkan jumlah ember besar penampung arak yang berhasil disita pada penggerebekkan Senin (13/1/2020) lalu. Ada 43 ember besar berwarna hijau muda dan abu-abu yang diamankan pada penggerebekkan kemarin.

Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), Senin (13/1/2020) melakukan penggerebekan pabrik arak di hutan Gunung Lalang, Desa Aik Seruk, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung bersama Satpol PP Kabupaten Belitung.
Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), Senin (13/1/2020) melakukan penggerebekan pabrik arak di hutan Gunung Lalang, Desa Aik Seruk, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung bersama Satpol PP Kabupaten Belitung. (posbelitung.co/Disa Aryandi)

Sebagai gambaran, jika satu ember besar itu ditaksir bisa menampung 100 liter saja, maka masuk akal jika produksi arak yang bisa ditampung di 43 ember besar tersebut mencapai 4300 liter.

Namun, Azhar menduga, produksi arak di pabrik hutan Gunung Lalang tidak dilakukan tiap hari. Produksi hanya dilakukan pada waktu tertentu misalnya satu bulan, atau dua minggu, atau satu minggu sekali, tergantung permintaan.

Halaman
1234
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved