Breaking News:

Berita Belitung Timur

Erzaldi Beri Arahan, Pelabuhan di Manggar Perlu Dikembangkan karena Dekat dengan Ibu Kota Baru

"Karena akses konektivitas ke Ibu kota Negara baru di Pulau Kalimantan, perhubungan lautnya adalah Pulau Belitung,"kata Gubernur Babel Erzaldi.

Penulis: Riki Pratama | Editor: Dedi Qurniawan
bangkapos.com / Riki Pratama
Kegiatan Rapat Koordinasi Bidang Perhubungan, di Gedung ATCS Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (15/1) siang. 

POSBELITUNG.CO, BANGKA -Provinsi Bangka Belitung merupakan wilayah kepulauan dan memiliki akses yang dekat dengan pulau di sekelilingnya, seperti Sumatera dan Kalimantan. Karena dekat dengan Kalimantan itu pula, Bangka Belitung memiliki jalur laut yang dekat untuk sampai ke ibu kota baru Republik Indonesia, di Kalimantan Timur.

Dengan  potensi tersebut, Gubernur Babel Erzaldi Rosman memberikan pengarahan melalui video conference pada kegiatan Rapat Koordinasi Bidang Perhubungan, di Gedung ATCS Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (15/1) siang. Menurutnya, pelabuhan di Belitung Timur, khususnya di Manggar perlu dikembangkan karena posisinya yang dekat dengan Kalimantan.

Kegiatan rakor tersebut langsung dipimpin oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Babel, KA Tajuddin. Kegiatan tersebut juga membahas penyusunan program kegiatan APBN Tahun 2021 dan diikuti oleh seluruh kepala Dinas Perhubungan di Provinsi Bangka Belitung.

"Karena akses konektivitas ke Ibu kota Negara baru di Pulau Kalimantan, perhubungan lautnya adalah Pulau Belitung,"kata Gubernur Babel Erzaldi.

Sehingga, sambungnya, butuh banyak pembangunan pelabuhan di Belitung Timur, Manggar, untuk mendukung potensi strategis ini.

"Maka dalam pengembangan Pelabuhan Manggar dibutuhkan infrastruktur bagi lalu lintas logistik dan orang. Untuk mendukung Babel sebagai wilayah kepulauan dan pariwisata,"kata mantan Bupati Bangka Tengah ini.

Selain itu, ia mengharapkan, Dinas Perhubungan fokus dalam pengembangan pelabuhan tersebut dengan memperhatikan berbagai hal yang mendukung pembangunan pariwisata dan wilayah kepulauan di Bangka Belitung.

"Sehingga berdampak positif bagi kemajuan daerah seiring beroperasinya ibukota negara di Kalimantan Timur,"katanya lagi.

Selain membahas akses menuju ibu kota baru, Gubernur Erzaldi menyinggung penguatan konektivitas ke pulau-pulau kecil, Penerangan Jalan Umum (PJU), lampu navigasi laut hingga penambahan jumlah armada bus sekolah.

"Tapi jangan sampai ada pembangunan hotel oleh swasta di pulau-pulau tersebut, karena kita lebih menitik beratkan ketersediaan homestay oleh masyarakat, yang bisa saja dimenej oleh perusahaan swasta,"tukasnya.

Halaman
12
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved