Breaking News:

Berita Belitung

KPU Belitung Timur Terima Pendaftaran PPK 15 Januari 2020

Penerimaan pendaftaran badan adhock KPU tingkat kecamatan yakni calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan dimulai pada 15-29 Januari 2020

Dokumen Pos Belitung
Ketua KPU Belitung Timur Rizal. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Penerimaan pendaftaran badan adhock KPU tingkat kecamatan yakni calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan dimulai pada 15 - 29 Januari 2020 akan datang.

Ketua KPU Kabupaten Belitung Timur, Rizal menyampaikan pembukan pendaftaran sudah sesuai dengan jadwal yang telah diatur dalam PKPU no 15 tahun 2019 tentang program tahapan dan jadwal pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020.

"Mekanisme prekrutan anggota PPK akan dilakukan dalam 3 tahapan seleksi yaitu seleksi administrasi, tes tertulis dan wawancara atau fit and proper test yang dilakukan oleh KPU Beltim. Pada seleksi wawancara meliputi pengetahuan tentang kepemiluan, penguasaan wilayah, kepribadian serta netralitas calon anggota PPK," ujar Rizal kepada posbelitung.co, Rabu (15/1/2019)

Rizal mengatakan total PPK yang dibutuhkan 35 orang dari kebutuhan tujuh kecamatan se Kabupaten Belitung Timur, nantinya peserta yang lolos seleksi akan dilantik ditiap kecamatan sebanyak 5 orang.

Tantangan yang dihadapi dalam perekrutan badan adhock PPK di antaranya dikhawatirkan minimnya keikutsertaan masyarakat untuk menjadi penyelenggara pemilu dalam masa pendaftaran.

"Dalam perekrutan PPK kami mengharapkan tidak adanya perpanjang masa pendaftaran karena belum memenuhi target kuota pendaftar, selain itu ada persyaratan anggota PPK tidak boleh menjabat 2 periode secara berturut-turut. Kemudian calon PPK tidak boleh terlibat menjadi tim sukses atau berafilasi dengan partai politik," ujar Rizal

Upaya yang dilakukan untuk menarik minat masyarakat berpatisipasi sebagai penyelenggara pemilu tingkat kecamatan
dengan mensosialisasikan tahapan pembentukan PPK kepada seluruh lapisan masyarakat melalui media massa dan media sosial KPU Belitung Timur.

"Pada akhirnya nanti setelah tahapan tes tertulis kami akan menyampaikan nama nama calon anggota PPK ke masyarakat unruk menerima masukan masyarakat terkait nama-nama calon tersebut," katanya.

Kemudian juga tentunya berkoordinasi dengan Bawaslu Beltim baik secara lisan maupun surat guna meminta saran dan pendapat terkait calon-calon anggota PPK.

"Kami juga akan mengumumkan pendaftaran PPK secara terus menerus selama masa pendaftaran melalui medsos, website, media cetak, maupun bantuan dari pemerintahan kecamatan dan desa," bebernya pada posbelitung.co,

(posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved