Berita Belitung Timur

Kapolres Belitung Timur Dorong Pencegahan secara Preventif dalam Penanggulangan Bencana

Jojo mengatakan hal ini merupakan tindak lanjut dari rakor di provinsi yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung

Kapolres Belitung Timur Dorong Pencegahan secara Preventif dalam Penanggulangan Bencana
Posbelitung.co/BryanBimantoro
Suasana rakor penanganan bencana di Belitung Timur, Kamis (16/1/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNGTIMUR -- Kapolres Belitung Timur AKBP Jojo Sutarjo mendorong semua pihak terkait agar melakukan upaya preventif dalam penanganan bencana di Belitung Timur.

Hal ini ia sampaikan saat rapat koordinasi operasi kepolisian kesiapsiagaan menghadapi bencana bersama Bupati Beltim Yuslih Ihza dan unsur forkopimda, Kamis (16/1/2020) di Ruang Rapat Bupati.

Jojo mengatakan hal ini merupakan tindak lanjut dari rakor di provinsi yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Selasa (14/1/2020) lalu.

Pihaknya bersama forkopimda Beltim akan membentuk satuan tugas (satgas) penanggulangan bencana di Belitung Timur. Adanya satgas ini nantinya semua koordinasi menjadi terpusat dan satu pintu.

"Jadi tahu nanti siapa berbuat apa kapan di mana. Pekerjaan kita jadi tidak saling tumpang tindih," jelas Jojo.

Ia juga menegaskan bahwa satgas ini tidak hanya sebagai 'pemadam kebakaran' yang saat terjadi bencana baru bergerak. Ia menekankan aksi pencegahan harus dilakukan sedini mungkin.

"Kita akan melakukan langkah-langkah yang melibatkan unsur-unsur pemerintah kecamatan dan desa. Babhinkamtibmas mengoptimalkan kerja sama dengan masyarakat, tokoh masyarakat, serta agama dalam menormalisasi saluran air di wilayahnya," kata Jojo.

Ia menjelaskan, genangan yang terjadi beberapa waktu lalu di bilangan Mempaya dan Selinsing penyebabnya yakni saluran air yang tersumbat dan dangkal.

Hal ini harus menjadi perhatian bersama menggandeng masyarakat juga. Masyarakat, sambungnya, harus ada kesadaran juga terhadap hal ini.

"Jika tak ada kepedulian terhadap lingkungan sekitar maka masalahnya akan berputar di situ-situ saja," tegas Jojo. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved