Breaking News:

Berita Belitung

Kasus DBD di Kabupaten Belitung Marak, PMI Banyak Mendapatkan Permintaan Trombosit

Kebutuhan darah di PMI Kabupaten Belitung terus mengalami kenaikan karena banyaknya kasus demam berdarah dengue (DBD).

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kabid Teknis Transfusi Darah PMI Kabupaten Belitung Hawani saat memasukkan darah ke mesin pengolah trombosit, Jumat (17/1/2020). 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Kebutuhan darah di PMI Kabupaten Belitung terus mengalami kenaikan karena banyaknya kasus demam berdarah dengue (DBD).

Darah dari pendonor tersebut juga harus dibuat menjadi trombosit. Hal ini dikatakan Kabid Teknis Transfusi Darah PMI Kabupaten Belitung Hawani, Jumat (17/1/2020).

"Alhamdulillah sejauh ini bisa terus dipenuhi karena informasi bisa disebarkan melalui media sosial dan tanggapan masyarakat juga cepat agar bisa segera mendonor," katan Hawani kepada Bangkapos.com di PMI Kabupaten Belitung.

Ia menjelaskan, permintaan trombosit bagi pasien DBD bisa sampai setiap hari. Rata-rata per harinya dibutuhkan 4-5 kantong trombosit bagi dua hingga tiga pasien.

Trombosit dibuat dari darah dari pendonor yang kemudian diolah menggunakan mesin khusus. Tiap pengolahan, mesin tersebut bisa mengolah empat kantong darah sekaligus. Pengolahan darah tersebut juga memerlukan waktu sampai dua jam untuk pemisahan sel darah merah dan plasma darah.

"Sekantong darah itu paling hanya menghasilkan sekantong trombosit 40 cc," jelas Hawani.

Trombosit yang tersimpan dalam ruang penyimpanan khusus.
Trombosit yang tersimpan dalam ruang penyimpanan khusus. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Permintaan trombosit ini terjadi sejak mulai kasus DBD di Belitung sekitar November lalu. Karena permintaan terjadi tiap hari, pihaknya juga mengupayakan agar bisa stok trombosit sesuai golongan darah.

Namun stok ini tidak bisa banyak karena trombosit hanya bertahan selama lima hari.

Hawani mengaku beruntung mesin pengolah trombosit sudah tersedia sejak beberapa bulan lalu, sehingga pihaknya bisa memenuhi permintaan trombosit pasien DBD. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved