Berita Belitung

Tagana Masuk Sekolah, Program Edukasi Tanggap Bencana untuk Siswa

Forum Koordinasi Tagana Kabupaten Belitung Timur akan melaksanakan program Tagana Masuk Sekolah mulai Februari mendatang.

dok.Tagana Beltim
Suasana ToT yang diikuti 46 peserta di Kantor Dinsos PMD, Jumat (17/1/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Forum Koordinasi Tagana Kabupaten Belitung Timur akan melaksanakan program Tagana Masuk Sekolah mulai Februari mendatang.

Hal ini disampaikan Koordinator Tagana Belitung Timur Mahroni Hidayat seusai kegiatan training of trainer di Kantor Dinas Sosial, Pemberdayaan masyarakat dan Desa Kabupaten Belitung Timur, Jumat (17/1/2020).

Program ini memberikan pemahaman pada pelajar dari PAUD sampai SMA. Pemahaman berupa apa saja yang harus dilakukan saat terjadi bencana di sekolah maupun di rumah.

"Selain itu juga diberikan edukasi mengenai pencegahan bencananya. Jadi sejak dini mereka sudah paham, karena negara kita ini punya potensi bencana yang cukup tinggi," kata Dayat kepada posbelitung.co, Jumat.

Program ini rutin dilaksanakan sejak 2016, namun hanya pada sekolah yang berada di titik rawan terjadinya bencana. Tahun 2020 ini, Dayat menargetkan menjangkau semua SMP dan SMA di Beltim.

"Hari ini sudah kami training para instruktur yang akan terjun ke sekolah-sekolah. Kami siapkan lima instruktur per sekolah nantinya," kata Dayat.

Materi-materi yang diajarkan nantinya adalah jenis dan pengurangan resiko bencana, kesiapsiagaan dan mitigasi, pengenalan dan pemasangan tanda bahaya, hingga mengajarkan menuju jalur evakuasi dan titik kumpul.

"Nantinya setelah materi selesai, khusus pelajar SMA akan dibentuk tim. Tim ini nantinya yang akan berperan ketika ada bencana di sekitar mereka. Namun sebelum itu akan diadakan evaluasi dalam hal penyerapan ilmunya sejauh apa," jelas Dayat sembari mengatakan khusus SD dan SMP, timnya berasal dari guru sekolah tersebut.

Ia berharap program ini bisa direspon positif oleh pemda, dinas pendidikan, dan institusi terkait.

(Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved