Breaking News:

Berita Belitung

Harga LPG 3 Kg Jadi Dua Kali Lipat di Belitung karena Jalur Distribusi, Sanem Akan Temui Pertamina

Namun khusus di Kabupaten Belitung, Sanem menilai persoalan gas LPG 3 kg bukan terkait subsidi, melainkan lebih kepada ketersediaannya.

posbelitung.co / Disa Aryandi
Sahani Saleh (Sanem) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pemerintah pusat diwacanakan akan mencabut subsidi gas LPG 3 kilogram (Kg).

Namun rencana tersebut masih dalam pembahasan.

Terkait ini, Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) mengaku, belum bisa berbicara banyak terkait rencana pencabutan subsidi gas LPG 3 kg tersebut. Pasalnya ini berhubungan dengan kebijakan Pemerintah Pusat.

Namun khusus di Kabupaten Belitung, Sanem menilai persoalan gas LPG 3 kg bukan terkait subsidi, melainkan lebih kepada ketersediaannya.

"Tapi kalau di Belitung ini lebih kepada persoalan ketersediaan. Selama ini untuk ketersediaan gas LPG itu ke Belitung secara khusus tidak ada.  Belitung ini hanya melalui Pangkalpinang padahal berbeda daratan," kata Sanem kepada posbelitung.co, Senin (20/1/2020).

Sanem menjelaskan, gas LPG yang masuk ke Belitung dikirim dari Palembang ke Pangkalpinang, lalu ke Belitung .

Panjangnya jalur distribusi ini menyebabkan harga gas 3 kilogram naik dua kali lipat.

"Akibat dari itu, ujung-ujungnya harga gas LPG di Belitung dua kali lipat, efeknya seperti itu. Lihat saja di Pangkalpinang, harga gas LPG 3 Kg Rp 16.500,-, sampai ke Belitung Rp 33.000,- per tabung," ujarnya.

Untuk mendorong agar birokrasi tersebut dipangkas dan Kabupaten Belitung mendapat kiriman langsung gas Elpiji 3 kg, secara langsung, kata Sanem, mereka akan menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Pertamina Pusat.

"Karena di Belitung ini sudah ada terbangun Depo LPG, tinggal untuk izin operasional segala macam, itu semua tidak terlepas dari Pertamina. Jadi kami akan memperjuangkan itu nanti, ini yang akan kami dorong nanti, karena caranya cuma itu, harus ada depo di Belitung," bebernya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved