Breaking News:

Berita Belitung

Tingkatkan Hasil Produksi Padi, Pemda Belitung Optimalkan Lahan Kosong dan Kirim Petani ke Malang

Padi di Kabupaten Belitung sekarang ini dalam satu hektar hanya memproduksi sekitar 4,6 ton hingga 5 ton gabah.

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Dokumen Pos Belitung
Hasis saat menunjukan padi miliknya yang terkena penyakit kresek 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) sudah berencana untuk memprioritaskan program pertanian, khusus produksi hasil padi.

Upaya peningkatan produksi padi sedang dalam proses pembahasan, lantaran padi di Kabupaten Belitung sekarang ini dalam satu hektar hanya memproduksi sekitar 4,6 ton hingga 5 ton gabah.

Hasil produksi padi perlu ditingkatkan, lantaran untuk kebutuhan pokok masyarakat berupa beras masih mengandalkan pengiriman dari Pulau Jawa.

"Kami sekarang sedang berupaya untuk meningkatkan hasil produksi padi itu. Kami sudah melihat contoh, padi di Kabupaten Malang, itu satu hektar nya bisa memproduksi 15 ton, ini yang nanti akan kami terapkan," ungkap Sanem kepada posbelitung.co, rabu (22/1).

Lahan padi yang ada di Kabupaten Belitung sekarang ini, tentu harus lebih dioptimalkan kembali agar lebih menghasilkan produksi yang lebih banyak.

Ini pula sebagai bentuk menjawab kebutuhan bahan pokok yang sekarang ini masih mengandalkan dari luar Pulau Belitung.

"Kami ingin mengoptimalkan apa yang ada. Disisi lain juga, kami ingin mengangkat potensi lahan lainnya, seperti yang ada di Selat Nasik. Iitu ada lahan 300 hektar, yang selama ini sudah siap untuk dibangun, nanti akan dibuat sebagai lahan persawahan," ujarnya.

Petani sawah di Belitung nantinya akan berkunjung ke Kabupaten Malang untuk belajar menghasilkan produksi padi dalam satu hektar mencapai 15 ton.

Ini tentu sudah menjadi prioritas, dan ahli - ahli pertanian di Kabupaten Malang sudah untuk memberikan pembinaan kepada petani - petani di Belitung.

"Jadi petani di Malang juga nanti akan melihat kondisi lapangan disini (Belitung), untuk membimbing petani - petani tersebut. Ya terutama pada peningkatan produksi padi, bisa sampai 15 ton per hektar. Kami tahun ini lah mau nya," bebernya.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved