Breaking News:

Berita Belitung

Jelang Imlek, Warga Tionghoa Mulai Bersihkan Vihara dan Kelenteng

Menjelang perayaan Imlek 2571 di Belitung Timur, sejumlah warga keturunan Tionghoa sudah mulai memandikan patung dewa

Penulis: Suharli | Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Suharli
Warga keturunan Tionghoa memasang lampion saat persiapan menyambut tahun baru Imlek 2571 di Vihara Dewi Kwan Im, Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, Belitung Timur, Rabu (22/1/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG--Menjelang perayaan Imlek 2571 di Belitung Timur, sejumlah warga keturunan Tionghoa sudah mulai memandikan patung dewa, dan menghias vihara dan kelenteng dengan memasang lampion.

Vihara Dewi Kwan Im satu diantaranya, berlokasi di Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, Belitung Timur, tampak beberapa warga dan penjaga vihara bergotong royong menurunkan lampion lama mengantinya dengan yang baru.

"Ini tiap tahun rutin jelang Imlek, patung dewa dibersihkan karenanini setahun sekali, kayak kain merah itu pasti diganti," ungkap Atang warga Damar, Keturunan Tionghoa yang turut membantu membersihkan vihara, Kamis (23/1/2020).

Dia mengatakan, pada malam pergantian tahun baru Imlek akan datang mereka akan berkumpul di vihara untuk menyalakan lilin sebagai tanda menyambut tahun baru.

"Sabtu (25/1) dan Minggu (26/1) nanti baru ramai yang datang untuk sembahyang kan, kumpul-kumpul keluarga, " ujar Atang.

Selain itu warga keturunan Tionghoa asal Beltim yang merantau juga tampak mendatangi Vihara Kwan Im di Damar, mereka turut menyumbang minyak dan lilin untuk perayaan Imlek nanti.

Warga Tionghoa mencuci lampion lama, seorang warga, mencuci dan membersihkan lampion jelang Imlek, di Vihara Dewi Kwan Im, Damar, Belitung Timur, Rabu (22/1/2020)
Warga Tionghoa mencuci lampion lama, seorang warga, mencuci dan membersihkan lampion jelang Imlek, di Vihara Dewi Kwan Im, Damar, Belitung Timur, Rabu (22/1/2020) (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Achung misalnya warga asal Kecamatan Manggar yang sudah 24 tahun merantau di Jakarta, sengaja pulang untuk Ke Belitung Timur untuk merayakan Imlek bersama keluarganya.

"Harapan saya semoga Indonesia dijaga terus keamanan dan lebih maju lagi. Kalau di Belitung kan warga keturunan dengan masyarakat sudah biasa gabung membaur, yang semestinya seperti itulah Negara kita ini," ungkapnya.

Sementara itu, di Kelenteng kelapa Kampit warga keturunan juga sudah membersihkan Kelenteng, kain-kain lama yang menempel di dinding pun sudah diganti dengan yang baru.
(Posbelitung.co/Suharli )

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved