Breaking News:

Berita Belitung

Dukung Akses Masuk Tol Laut, Pemkab Belitung Ajukan Pembangunan Dermaga di Pulau-Pulau Kecil

Pemerintah Kabupaten Belitung sedang mengusahakan pembangunan dermaga di setiap pulau.

Penulis: Disa Aryandi | Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung Ubaidillah, Jumat (11/10/2019). 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung Ubaidillah mengatakan, untuk mendukung akses masuk tol laut di pulau-pulau kecil di Negeri Laskar Pelangi, sekarang ini Pemerintah Kabupaten Belitung sedang mengusahakan pembangunan dermaga di setiap pulau.

Pengajuan pembangunan dermaga tersebut, secara langsung ke pemerintah pusat, dan tinggal memenuhi berbagai persyaratan yang masih harus dilengkapi oleh Pemerintah Kabupaten Belitung.

"Dermaga memang belum ada sebagian, tapi kami sudah mengajukan, dari tahun kemarin kami sudah mencoba, tinggal kami memenuhi persyaratan - persyaratan, karena persyaratan tersebut harus ada Feasibilty Study (FS), DED (Detail Engineering Design), dokumen lingkungan dan segala macam, nah kami sedang mempersiapkan itu sekarang," jelas Ubaidillah kepada Posbelitung.co, sabtu (25/1/2020).

Menurutnya, untuk membangun dermaga di pulau-pulau kecil tersebut secara bersamaan, tentu tidak bisa, lantaran bersifat lingkup Provinsi Bangka Belitung. Namun yang membedakan disini, hanya peruntukan dan kepentingan yang berbeda.

"Ya mungkin Belitung Timur perlu, Bangka Selatan perlu, Bangka Barat perlu, tapi kami disini prioritas, yang lain belum dapat kami sudah dapat Pelabuhan Tanjung Nyato. Itu tahap pertama sudah selesai, tinggal tahap ke dua sisi darat nya. Kalau itu sudah, mudah-mudahan tahun depan nya lagi sudah di sandari oleh kapal Roro, jadi nanti kapal itu ke Sadai, Tanjung Nyato, Tanjung RU, Jakarta atau ke Pontianak," bebernya.

Ie mengatakan untuk pembangunan dermaga ini dilakukan Pemkab Belitung secara bertahap. Namun tetap harus didukung dengan FS dan DED, sesuai dengan instruksi Pemerintah Pusat.

"Kemarin kami ditantang untuk mempersiapkan sarana dan prasarana pendukungnya, siap yang cepat dia dapat, dan kami sebagian sudah mulai mempersiapkan dokumen tersebut, kalau FS sudah, tinggal dilanjutkan lagi DED, kalau dua tahun ini bisa dikejar, mudah-mudahan tahun ke tiga bisa terlaksana," jelas Ubaidillah.

Namun,  menurutnya sembari berjalan untuk mempersiapkan dokumen tersebut, Pemerintah Belitung tetap akan mencoba membangun dermaga, dengan menggunakan anggaran daerah.

"Itu ada dua, yaitu Teluk Gembira dan Pulau Kuil di tahun 2020 ini. Itu seperti dermaga nelayan, tapi yang Teluk Gembira, akan di desain lebih kepada pariwisata," pungkasnya. 

Jalur Laut

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved