Breaking News:

Berita Belitung

Jembatan Juru Seberang - Tanjungpandan Butuhkan Anggaran Rp 369 Miliar, Ini Spesifikasinya

Jembatan ini rencana akan memiliki panjang 867 meter menuju Desa Juru Seberang.

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Jembatan Juru Seberang - Tanjungpandan Butuhkan Anggaran Rp 369 Miliar, Ini Spesifikasinya
Dokumen Pos Belitung
Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem)

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pembangunan jembatan Juru Seberang- Kota Tanjungpandan, Kabupaten Belitung ternyata membutuhkan anggaran sebesar Rp 369.800.000.000 agar jembatan tersebut terwujud.

"Iya besarannya segitu, ya hampir Rp 400 miliar dan itu tidak mungkin menggunakan APBD Belitung, tentu kami mendorong APBN," ungkap Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) kepada Posbelitung.co, sabtu (25/1/2020).

Jembatan ini rencana akan dibangun dari arah Dok kapal atau di bawah bukit yang biasa disebut eks hotel Dewi, kelurahan Kota, Kecamatan Tanjungpandan.

Jembatan ini rencana akan memiliki panjang 867 meter menuju Desa Juru Seberang. Lebar dari jembatan ini 7 meter, dengan rincian bahu jalan yaitu satu meter.

Rencana bangunan jembatan ini akan berbentuk tanjakan pada bagian tengah. Itu berfungsi untuk mempermudah arus lalu lintas kapal, melewati bagian bawah jembatan tersebut.

"Jadi kalau seperti jembatan Emas, sistem buka tutup tidak seperti itu. Tapi untuk nama nya sudah di usulkan, yaitu jeramba laskar pelangi," ujarnya.

Adanya jembatan ini tentu tidak akan menganggu aktivitas atau arus lalu lintas kapal Pertamina menuju ke pelabuhan Jober Tanjungpandan untuk mengangkut BBM.

Sebab itu untuk tanjakan pada jembatan nanti akan diukur secara keseluruhan ruas pada tongkang maupun tagboad penarik BBM tersebut.

"Jadi akan dihitung nanti, berapa ketinggian dan berkemungkinan juga nanti pertamina ini pindah ke Tanjung Batu, karena sekarang kita sudah membutuhkan depo. Tapi yang jelas untuk jembatan ini dibangun dengan APBN dan kami ingin nya secepat mungkin. Kami ingin mendapatkan skala prioritas percepatan pembangunan itu harus ada proyek yang besar dan salah satunya jembatan ini," pungkasnya.

Penanaman mangrove di Hkm Seberang Bersatu, Desa Juru Seberang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung wujud program bina lingkungan Air Nav Indonesia, Minggu (20/10/2019)
Penanaman mangrove di Hkm Seberang Bersatu, Desa Juru Seberang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung wujud program bina lingkungan Air Nav Indonesia, Minggu (20/10/2019) ((posbelitung.co/dede s))

Pembangunan jembatan tersebut kembali diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten Belitung.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved