Breaking News:

Berita Belitung Timur

Inilah Sejarah Singkat Awal Mula Terbentuknya Kabupaten Belitung Timur

kemudian terbentuklah Komite Pembentukan Kabupaten Belitung Timur yang dipimpin oleh Zahari MZ selaku Ketua Komite dan Drs. Jafri selaku Sekretaris

Penulis: Suharli
Editor: Hendra
posbelitung/suharli
Suasana rapat paripurna Istemewa I masa persidangan I Tahun 2020 saat menyanyikan lagu Kebangsaan, bertempat di Ruang sidang DPRD Belitung Timur. Senon (27/1/2020) 

BANGKAPOS.COM, BELITUNGTIMUR - Ketua DPRD Belitung Timur, Fezzi Oktolseja dalam sidang Paripurna istimewa menyampaikan sejarah singkat terbentuknya Kabupaten Belitung Timur.

Fezzi mengatakan 17 tahun yang lalu tepatnya tanggal 27 Januari 2003, Wakil Ketua DPR RI, Sutardjo Suryoguritno mengetukkan palunya sebagai tanda persetujuan dan disahkannya sebuah Rancangan Undang-Undang, sehingga lahirlah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Selatan dan Kabupaten Belitung Timur.

Peristiwa 27 Januari tersebut, telah melahirkan empat kecamatan di bagian Timur Pulau Belitung menjadi sebuah Pemerintahan Daerah baru yaitu Kabupaten Belitung Timur.

"Mulai saat itulah rentetan persiapan-persiapan yang diperlukan untuk sebuah pemerintahan daerah diproses lebih lanjut oleh Pemerintah Kabupaten Belitung, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat, yang selanjutnya peristiwa bersejarah tersebut dijadikan sebagai momentum hari jadi Kabupaten Belitung Timur sebagaimana yang ditetapkan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Belitung Timur Nomor 12 Tahun 2006 tentang Hari Jadi Kabupaten Belitung Timur," ucap Fezzi dalam sambutannya, Senin (27/1/2020).

Menurutnya, terbentuknya Kabupaten Belitung Timur adalah berkat perjuangan dan kebersamaan berbagai elemen masyarakat baik melalui wadah Forum Masyarakat Peduli (FORMAP), Ikatan Sarjana Belitung Timur (ISBT) dengan menggelar seminar.

kemudian terbentuklah Komite Pembentukan Kabupaten Belitung Timur yang dipimpin oleh Zahari MZ selaku Ketua Komite dan Drs. Jafri selaku Sekretaris Komite Pembentukan Belitung Timur.

Melibatkan peran berbagai elemen masyarakat seperti PPRM, Pemuka Adat, LSM, para jurnalis, Bupati beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Belitung dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Anggota DPRD Belitung dan DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta DPR RI.

Ditemui usai rapat Paripurna, Fezzi menyampaikan DPRD mengaharapkan pembangunan di Kabupaten Belitung Timur lebih maju, banyak, serta mampu memutar roda perekonomian di Belitung Timur.

"Jadi pembangunan ini bisa membuka lapangan pekerjan, selain itu juga pembangunan di Beltim ini harus merata hingga plosok-plosok Beltim," ujar Fezzi.

Murutnya terkait capaikan kabupaten Belitung Timur, meskipun kabupaten baru sudah banyak capaian yang sudah baik.

Halaman
123
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved