Bocoran Tenaga Maksimum Motor MotoGP, Ini Penjelasan Bos Ducati

Sebagai motor balap prototipe, motor MotoGPmemiliki tenaga yang tentunya melebihi tenaga motor masal dengan kapasitas mesin yang sama.

Bocoran Tenaga Maksimum Motor MotoGP, Ini Penjelasan Bos Ducati
MotoGP
Ducati GP20 memiliki tenaga maksimum lebih dari 250 hp 

POSBELITUNG.CO - Sebagai motor balap prototipe, motor MotoGP memiliki tenaga yang tentunya melebihi tenaga motor masal dengan kapasitas mesin yang sama.

Misalnya, motor MotoGP tentu memiliki tenaga maksimal yang berbeda jika dibandingkan dengan motor World Superbike (WSBK) yang juga memiliki kapasitas 1.000 cc.

Di atas kertas, motor MotoGP seperti Ducati Desmosedici GP20 yang baru saja dilaunching 23 Januari lalu tertulis lebih dari 250 hp.

Namun, berapa sih sebenarnya tenaga maksimum motor MotoGP yang bisa melaju hingga top speed mencapai 356,7 km/jam itu (Andrea Dovizioso di sirkuit Mugello 2019).

Bahkan untuk Ducati sendiri, tenaga maksimal motor dikabarkan bisa mencapai 280 hp.

"Cukup sulit untuk memberikan secara detail angkanya. Mengenai performa mesin, saya sangat senang dengan apa yang kami dapatkan selama (tes) musim dingin ini," ungkap Gigi Dall'Igna selaku GM Ducati Corse dilansir dari Motorsport-Total.

Namun menurut orang dalam Ducati, dua tahun lalu motor pabrikan asal Italia ini saja bisa mencapai 280 hp berdasarkan perhitungan di crankshaft.

Dengan performa Ducati GP19 yang semakin baik dalam akselerasi dan top speed jika dibandingkan Ducati GP17 dan GP18, tentunya angka dua tahun lalu itu bisa saja bertambah.

Jadi, bukan tidak mungkin kalau motor Ducati bisa mencapai angka 300 hp untuk di GP19 dan GP20.

Namun dengan tenaga motor yang terus bertambah, tentunya Michelin selaku pemasok tunggal ban motor MotoGP selama beberapa tahun belakangan ini pun terus memperbaiki kualitas ban mereka.

"Michelin telah melakukan pekerjaan yang sangat baik selama beberapa tahun ini untuk meningkatkan performa dan ketahanan dari ban," aku Dall'Igna.

"Ban belakang baru yang akan kami gunakan untuk tahun ini adalah satu tahap lebih dari ban sebelumnya," tutup pria yang memiliki banyak inovasi untuk motor Ducati GP ini.

Hal ini, sejalan dengan power mesin yang lebih besar maka akan jadi percuma jika ban tak kuat dipakai untuk menahan besarannya tenaga mesin. (*)

Artikel ini telah tayang di otorace.gridoto.com dengan judul : Berapa Sih Tenaga Maksimum Motor MotoGP? Begini Kata Bos Ducati

Penulis: tidakada009
Editor: rusmiadi
Sumber: Gridmotor.id
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved