Breaking News:

Berita Belitung Timur

BPN Belitung Timur Bagikan 750 Sertifikat Tanah Program PTSL di Tiga Kecamatan

Sertifikat yang dibagikan merupakan Program PTSL tahun 2019 lalu, dari tiga Kecamatan yakni Kecamatan Kelapa Kampit, Gantung dan Dendang.

posbelitung/suharli
Para masyarakat menunjukan penerima sertifikat PTSL, bersama Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza dan BPN Beltim Alexander Pakpahan serta Forkopimda Beltim. Rabu (29/1/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Badan Pertanahan Nasional Belitung Timur dan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur menyerahkan simbolis sebanyak 750 sertifikat PTSL kepada masyarakat, Rabu, (29/1/2020), 

Sertifikat yang dibagikan merupakan Program PTSL tahun 2019 lalu, dari tiga Kecamatan yakni Kecamatan Kelapa Kampit, Gantung dan Dendang.

Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza menyampaikan program PTSL mwrupakan upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, program PTSL ini bertujuan agar seluruh bidang tanah di Indonesia bersertifikat.

"Untuk memudahkan masyarakat Belitung Timur memperoleh Iegalitas atas tanah ini, kami melakukan diskresi berkaitan dengan kebijakan pembebasan Bea Perolehan Hak Tanah dan Bangunan (BPHTB) di Kabupaten Belitung Timur," ujar Bupati dalam sambutannya.

Dia mengatakan kebijakan BPHTB itu, tertuang dalam Peraturan Bupati Belitung Timur Nomor 56 Tahun 2017 tentang Pembebasan Biaya Perolehan Hak Tanah dan Bangunan Peserta Kegiatan PTSL di Kabupaten Beltim.

Karena dampak positif kebijakan pembebasan BPHTB antara Iain penertiban kepemilikan hak atas tanah masyarakat,
kemudahan memperoleh Iegalitas kepemilikan hak atas tanah dan bangunan di wilayah Kabupaten Belitung Timur, dan pemuktahiran database Pajak Bumi dan Bangunan.

"Dengan tanah yang bersertifikat, maka masyarakat dapat mengakses ke sumber-sumber permodalan seperti Bank dan Iembaga-lembaga keuangan lainnya dengan memakai jaminan sertipikat tanah ini," ujarnya.

Sampai dengan Tahun 2019 penerima PTSL sebanyak 30.907 serfikat dan 6.022 sertifikat untuk program redistribusi tanah.

Target PTSL untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2019 adalah 74.530 sertifikat, Sedangkan target Kabupaten Belitung Timur sebanyak 19.500 sertifikat.

"Alhamdulillah target ini terealisasi seluruhnya di Tahun 2019 ini mencakup Tujuh kecamatan dan 33 desa di Kabupaten Belitung Timur," ujarnya.

Bupati Yuslih pun berpesan agar masyarakat yang telah memiliki sertipikat, maka masyarakat harus menjalankan kewajibannya seperti membayarkan pajak bumi dan bangunan tepat pada waktunya.

"Karena pajak merupakan satu diantara sumber pendapatan daerah yang penting guna membiayai pelaksanaan pembangunan daerah," ujarnya. (Posbelitung.co, suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved