Breaking News:

Tim Pemerintah Indonesia akan Evakuasi 250 WNI di Wuhan, Mereka Diterbangkan ke Natuna Riau

Pemerintah Indonesia pada hari ini Sabtu (1/2/2020) akan mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Kota Wuhan, China.

Editor: nurhayati
Tangkap Layar Youtube Kompas TV
Kota Wuhan Diisolasi Pemerintah Tiongkok terkait Penyebaran Virus Corona 

Tim Pemerintah Indonesia akan Evakuasi 250 WNI di Wuhan, Mereka Diterbangkan ke Natuna Riau

POSBELITUNG.CO-- Pemerintah Indonesia pada hari ini Sabtu (1/2/2020) akan mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Kota Wuhan, China.

Kota ini menjadi menjadi awal masuknya Virus Corona sehingga memakan korban jiwa yang cukup banyak dan banyak warga disana yang terjangkiti Virus Corona yang sekarang dalam masa perawatan.

Untuk itu pemerintah Indonesia melalui Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan untuk mengevakuasi wara Indonesia yang ada disana.

Catatan Guo Jing Warga Wuhan, Dari Merasa Tak Berdaya dan Sedih Hingga Bangkitkan Semangat Hidup

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi memastikan sebanyak 250 Warga Negara Indonesia (WNI) yang masih berada di Wuhan Tiongkok akan diterbangkan ke Natuna, Kepulauan Riau.

“Jumlah WNI kita yang akan kembali dengan tim penjemput, adalah 245 + 5 tim yang sudah ada dilapangan sejak kemarin akan ikut pulang untuk menjalankan protokol kesehatan,” ungkap Retno di VIP Lounge Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, Sabtu (1/2/2020).

Retno mengaku sudah berkomunikasi dan terus mendapat laporan bahwa kondisi saudara-saudara WNI di Wuhan dalam kondisi sehat.

Evakuasi 240 WNI di Wuhan China TNI AU Siagakan Tiga Pesawat, Tinggal Tunggu Perintah Kemenlu

“Mereka senang akan pulang ke tanah air. sebelum keberangkatan mereka menjalani serangkaian kesehatan, dan dilakukan sekali lagi untuk memastikan mereka dalam kondisi sehat,” kata Retno.

Doa dipanjatkan saat pelepasan tim evakuasi yang akan menjemput 245 WNI dan 5 orang tim aju dari Wuhan, Hubei, China, Sabtu (1/2/2020).
Doa dipanjatkan saat pelepasan tim evakuasi yang akan menjemput 245 WNI dan 5 orang tim aju dari Wuhan, Hubei, China, Sabtu (1/2/2020). (Tangkap Layar Youtube Kompas TV )

Menlu menerangkan WNI yang berada di beberapa titik sepeti di Provinsi Hubei sudah mulai bergerak menuju Wuhan.

Perlu diketahui untuk menuju Airport Wuhan dibutuhkan waktu tempuh dari kota Enzi berjarak 542 km, Zingzou memiliki jarak tempuh 222 km, kemudian Ghuangzi jaraknya 100km, dan Ziany 90 km.

Tak Disangka Ada Lab Virus Berbahaya di Wuhan, Lokasinya Dekat Awal Mula Virus Corona, Berkaitankah?

Menlu berpesan tim yang berangkat dalam misi kemanusian ini tetap semangat dan menjaga kesehatan.

”Ini adalah misi mulia harus kita jalankan penuh kedisiplinan. Saya sekaligus mohon doa seluruh rakyat Indonesia, untuk warga negara kita dan untuk indonesia," pesan Retno.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan pemerintah memilih Natuna sebagai lokasi transit observasi sementara sampai dinyatakan bebas dari virus corona dan bisa bertemu dengan keluarga.

“Tempat isolasi yang jauh dari penduduk. Yang terbaik dan terpilih adalah wilayah Natuna," katanya saat pelepasan tim di VIP Lounge Terminal 1 Bandara Soetta. (Tribunnews/Reynas Abdila)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul 250 WNI dari Wuhan Akan Dikarantina di Natuna,

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved