Berita Belitung

Jumlah Wisatawan China Peringkat Tiga di Belitung, Kunjungan Turun 15 Persen karena Virus Corona

Terjadi pengurangan wisatawan dari Tiongkok yang berencana masuk ke Belitung melalui pintu Kuala Lumpur. Persentasenya mungkin 10 sampai 15 persen

Jumlah Wisatawan China Peringkat Tiga di Belitung, Kunjungan Turun 15 Persen karena Virus Corona
IST/dok Agus Pahlevi
Wisatawan mengunjungi Pulau Pasir salah satu destinasi wisata di Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengakui penyebaran virus corona berdampak terhadap psikologi masyarakat Belitung maupun calon wisatawan yang ingin berkunjung.

"Terjadi pengurangan wisatawan dari Tiongkok yang berencana masuk ke Belitung melalui pintu Kuala Lumpur. Persentasenya mungkin 10 sampai 15 persen," ungkap Isyak Meirobie pada posbelitung.co

Sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona, pemda sudah berkoordinasi dengan pihak Bandara H AS Hanadjoeddin dan Karantina Kesehatan Pelabuhan untuk memasang thermal ditector.

Selain itu RSUD sudah menyiapkan ruangan khusus untuk mengisolasi jika terdapat pasien.

Isyak menegaskan hingga saat ini kondisi Belitung masih kondusif dan tetap nyaman, aman untuk dikunjungi wisatawan.

Sementara Ketua DPD Asosiasi Pekerja Pariwisata Indonesia (ASPPI) Babel Agus Pahlevi mengakui sektor pariwisata terpengaruh dengan kabar merebaknya virus korono di sejumlah negara.

Hal ini dikarenakan pariwisata sangat sensitif dengan informasi yang bersifat negatif.

Menurutnya di Bali, lebih dari seribu pemandu wisata kehilangan pekerjaan di karenakan pembatalan pemesanan dan secara otomatis juga berdampak terhadap industri dan UMKM.

"Di Belitung tentunya demikian sedikitnya bepengaruh terhadap kegiatan kepariwisataan. Memang terdapat beberapa pembatalan reservasi dari wisatawan asal Tiongkok walaupun belum signifikan. Lantaran Belitung belum memiliki akses langsung ke negara sumber virus corona tersebut," ujar Agus kepada posbelitung.co, Minggu (2/2/2020).

Sedangkan untuk kunjungan wisatawan nusantara memang menurun dibandingkan akhir tahun, hal ini dikarenakan periode low season.

Halaman
123
Penulis: Dede Suhendar
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved