Penerbangan ke China Ditutup, Akan Ada Kompensasi Bagi Penumpang

Hal ini menyusul akan berlakunya penutupan sementara seluruh penerbangan dari dan ke China yang akan efektif pada Rabu (5/2/2020) pukul 00.00 WIB.

Penerbangan ke China Ditutup, Akan Ada Kompensasi Bagi Penumpang
kompas.com
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di lingkungan Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2019). 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, akan ada kompensasi kepada penumpang yang batal terbang ke China.

Hal ini menyusul akan berlakunya penutupan sementara seluruh penerbangan dari dan ke China yang akan efektif pada Rabu (5/2/2020) pukul 00.00 WIB.

"Hari ini kami akan rapat dengan dirjen darat dan udara, kami akan mencari solusi yang sudah ada perjalanan ke China mengenai kompensasi," ucapnya di Hotel LeMeriden, Selasa, (4/1/2020).

Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu mengatakan belum tahu sampai akan penutupan penerbangan dari dan ke China akan dilakukan.

Budi mengatakan penutupan sementara penerbangan ke China ini juga berdasarkan peringatan World Health Organization (WHO) yang telah mengeluarkan status darurat global penyebaran virus Corona.

"Jadi kami berdasar pada WHO mengenai virus Corona. apa yang ditetapkan WHO itu dasar kita bersikap terkait transportasi ini," ujarnya.

Sebelumnya Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan memutuskan melakukan penundaan penerbangan dari dan ke semua destinasi di China hingga batas waktu yang akan ditentukan kemudian.

Melalui keputusan ini, jelas Menhub, semua maskapai penerbangan Indonesia diminta untuk menunda seluruh rencana penerbangan dari atau ke seluruh destinasi di China.

Demikian pula maskapai penerbangan asing yang melakukan penerbangan dari China menuju Indonesia, termasuk penerbangan transit dari China, diminta untuk menunda sementara penerbangan menuju Indonesia. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penerbangan ke China Ditutup, Menhub Sebut Akan Ada Kompensasi"

Editor: tedja pramana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved