Berita Belitung

2.676 Siswa SMP di Belitung Akan Ikuti UNBK April Mendatang

Empat mata pelajaran yang akan diujikan pada UNBK adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, dan Matematika.

2.676 Siswa SMP di Belitung Akan Ikuti UNBK April Mendatang
Posbelitung.co / Ferdi Aditiawan
Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung Sutawijaya 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sebanyak 2.676 siswa-siswi dari seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kabupaten Belitung dipastikan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Adapun pelakasanaan UNBK akan berlangsung selama empat hari, yakni pada tanggal 20 April sampai 23 April tahun 2020 mendatang

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung Sutawijaya menyatakan, pada Desember 2019 lalu pihak sekolah telah melakukan persiapan demi persiapan menghadapi UNBK kali ini.

Persiapan yang dilakukan menyangkut persiapan mental anak, belajar tambahan, penguasaan materi, serta mengundang orang tua guna sosialisasi persiapan pelaksanaan ujian.

"Selain itu, juga sudah dilakukan simulasi UNBK," kata Sutawijaya kepada Posbelitung.co, Kamis (6/2/2020).

Ia menyebutkan, terdapat empat mata pelajaran yang akan diujikan pada UNBK adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, dan Matematika.

Sedangkan waktu yang diberikan yaitu dua jam untuk satu mata pelajaran.

"Untuk pengerjaannya dimulai pukul 08.00 wib sampai dengan selesai," ujar Sutawijaya.

Ia menuturkan terkait sistem pengawasan UNBK nanti, pihaknya menggunakan sistem sub-rayon (pengawas silang) yang terdiri dari pegawai Dinas Pendidikan dan para guru disekolah.

Lebih lanjut ia berpesan kepada para siswa-siswi manfaatkan waktu dua bulan untuk belajar sungguh-sungguh di rumah sehingga bisa mencapai nilai yang memuaskan.

Siswa juga diimbau untuk menyiapkan mental dan tidak keluyuran menjelang semakin dekatnya pelaksanaan UNBK.

"Karena sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (permendikbud) No 44 tahun 2019 Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) akan ada penambahan jalur kuota prestasi berdasarkan nilai pencapaian," ujar Sutawijaya. (posbelitung.co / Ferdi Aditiawan)

Penulis: Ferdi Aditiawan
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved