Berita Belitung

Gubernur Sebut Manggis dan Pisang Emas Bangka Belitung Incar Pasar Ekspor China

Karena komoditasnya ada, pasar tujuan juga siap, sehingga gelaran kontes manggis merupakan cara mencari jenis manggis terbaik yang siap ekspor.

Gubernur Sebut Manggis dan Pisang Emas Bangka Belitung Incar Pasar Ekspor China
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari  
Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan dan istri Melati Erzaldi menunjukkan buah manggis yang mengikuti kontes di Pantai Tanjung Pendam, Kamis (6/2/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan mengatakan manggis menjadi komoditas Bangka Belitung yang siap ekspor.

Karena komoditasnya ada, pasar tujuan juga siap, sehingga gelaran kontes manggis merupakan cara mencari jenis manggis terbaik yang siap ekspor.

China menjadi negara yang diincar sebagai tujuan ekspor buah manggis dari Bangka Belitung.

"Karena bagaimanapun juga ketika mengadakan kontes seperti ini akan ditindaklanjuti dengan usaha ekspor. Seperti manggis, sudah ada eksportirnya cuman terhambat karena masalah virus corona, tapi InsyAllah virus corona ini cepat selesai dan bisa langsung ekspor," ujarnya di sela kegiatan kontes manggis di Pantai Wisata Tanjung Pendam, Kamis (6/2/2020).

China menjadi tujuan ekspor yang potensial karena pasarnya banyak. Bahkan ditargetkan sebanyak 15 ton manggis per harinya bisa diekspor ke negara tirai bambu.

Melihat kondisi petani di Bangka Belitung, Erzaldi optimistis jumlah tersebut bisa dipenuhi.

Komoditas manggis yang ada saat ini menurutnya sudah bagus, tapi perlu ditingkatkan agar lebih baik dengan melakukan tahapan penanganan dan perlakuan pemeliharaan.

Sehingga pemilik barang manggis juga dilatih melakukan pemeliharaan.

Tak hanya manggis, komoditas perkebunan lainnya yang juga diupayakan bisa ekspor yakni pisang emas. Kebutuhannya bisa satu ton per hari.

"Satu ton per hari itu, hitungannya, harus menyiapkan sekitar 150 hektare kebun. saat ini sedang dicari tanahnya, eksportir dan pembeli ada, bibitnya dari dia," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Dedi Qurniawan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved