Breaking News:

Berita Belitung

Kontes Jadi Upaya Gugah Pekebun Manggis Bangka Belitung Agar Bisa Penuhi Standar Ekspor

Kontes manggis dinilai menjadi cara bagus menggugah pekebun agar mengembangkan dan memelihara pohon manggis-nya biar bisa memenuhi grade ekspor.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Dedi Qurniawan
Posbelitung.co / Adelina Nurmalitasari
Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan bersama Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie saat melihat manggis yang sedang dinilai saat kontes di Tanjung Pendam, Kamis (6/2/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kontes manggis dinilai menjadi cara bagus menggugah pekebun agar mengembangkan dan memelihara pohon manggis-nya biar bisa memenuhi grade ekspor.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bangka Belitung Juaidi di sela kontes manggis yang diselenggarakan di Pantai Tanjung Pendam, Kamis (6/2/2020).

"Karena untuk konsumsi lokal sedikit, tapi ekspor peluang pasarnya banyak. Sudah ada eksportirnya dan ini dibikin kontes dengan harapan eksportir datang, hasil kontes terpilih manggis yang bagus, nanti bisa dikembangkan," ucapnya.

Di samping menggelar kontes manggis, pihaknya juga dijelaskan cara membudidayakan pohon manggis agar menghasilkan buah yang bagus.

Bahkan dalam waktu dekat, pelatihan budidaya juga dilakukan di kebun masyarakat.

Ini juga dilakukan karena ada eksportir yang meminta pihaknya memfasilitasi kerja sama dengan pemilik pohon manggis masyarakat yang memiliki produksi tinggi dan layak ekspor.

Juaidi memperkirakan, sekali ekspor manggis bisa mencapai 15 ton atau satu kontainer sekali kirim.

Buah yang dikirim ekspor bukan buah matang, tapi masih hijau dan sudah ada bintik merah pada kulit buah.

Realisasi ekspor ini akan dilakukan mulai pekan depan.

"Realisasi sudah mau dieksekusi, dalam pekan depan mulai. Eksportir mau bikin jalan, walau mungkin rugi, ingin membuktikan Manggis Belitung bisa sampai ke sana. Ingin dibuka dulu jalur itu," ujarnya.

Halaman
1234
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved