Breaking News:

Berita Belitung

Zainawi Menangkan Kontes Manggis, Juri Sebut Potensi Manggis Bangka Belitung Layak Ekspor

Zainawi masih semringah usai buah manggisnya terpilih jadi pemenang pertama kontes manggis di Pantai Tanjung Pendam, Tanjungpandan

posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Pemenang kontes manggis Zainawi saat menerima penghargaan di Pantai Tanjung Pendam, Kamis (6/2/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Zainawi masih semringah usai buah manggisnya terpilih jadi pemenang pertama kontes manggis di Pantai Tanjung Pendam, Tanjungpandan, Kamis (6/2/2020).

Pria dari Desa Suak Gual, Kecamatan Selat Nasik ini terpilih menjadi pemenang dari 49 peserta yang mengikuti kontes yang diselenggarakan Dinas Pertanian Bangka Belitung.

Tak hanya memenangkan kontes, ia juga mendapat tropi dan hadiah Rp 5 juta.

Saat ditemui Posbelitung.co, Zainawi menyebut tak ada teknik budidaya khusus yang diterapkannya. Pohon manggis yang berumur sekitar 12 tahun miliknya tumbuh secara alami.

"Batang manggis ini kan ditanam di kelekak, paling kalau mulai berbunga dipemangkasan biar terang, cuman itulah perawatan khususnya. Mungkin memang buahnya sedang bagus tahun ini," ujarnya.

Sebelumnya, tim juri yang dipimpin Peneliti Manggis Balai penelitian Tanaman Buah Tropika Dr. Ir. Martias, MP memang melakukan penilaian para kontestan. Menurutnya kategori manggis yang terpilih sebagai pemenang disesuaikan dengan kriteria layak ekspor.

Ada tiga kriteria utama penilaian yakni tidak ada cemaran getah kuning di daging buah, bebas dari translucent atau bagian putih buah yang tidak berasa, serta burik atau karatan di kulit manggis yang tak boleh lebih dari 30 persen agar tampilannya bagus.

Ada juga kriteria lainnya seperti panjang tangkai, warna kelopak, rasa, bobot buah, dan tekstur.

Suasana penilaian kontes manggis.
Suasana penilaian kontes manggis. (posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Melihat manggis yang dibawa kontestan, ia mengatakan bahwa Bangka Belitung memiliki potensi manggis yang layak ekspor.

Bahkan dalam kondisi alami tanpa menerapkan teknologi budidaya saja, sudah dapat enam pemenang, Jadi sangat berpeluang ditingkatkan lagi ukuran buah, menghilangkan getah kuning dan burik serta meningkatkan rasanya.

Halaman
123
Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved