Breaking News:

CPNS 2019

Demi Lulus Tes SKD, Ada Peserta yang Bawa Kunci Jawaban, Pelaku Terancam Sanksi Ini

Seperti yang dilansir dari Kompas.com, panitia seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menemukan selembar kertas yang diduga kunci jawaban

Editor: nurhayati
Dok/Bangkapos/com
Ilustrasi peserta yang mengikuti tes SKD 

Demi Lulus Tes SKD, Ada Peserta yang Bawa Kunci Jawaban, Pelaku Terancam Sanksi Ini

POSBELITUNG.CO-- Ada-ada ulah para  peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) agar bisa lolos saat mengikuti tes Seleksi Dasar Kompetensi (SKD) yang saat ini sedang berlangsung di berbagai daerah.

Demi bisa memenuhi passing grade ada peserta melakukan perbuatan curang.

Seperti yang dilansir dari Kompas.com, panitia seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menemukan selembar kertas yang diduga kunci jawaban yang dibawa peserta saat pelaksanaan ujian SKD.

Selembar kertas tersebut yang dibagi menjadi 6 kotak, di mana masing-masing terdiri dari 35 nomor lengkap dengan jawabannya.

Rekannya Ikut Tes SKD, Pegawai BKPSDM Belitung Timur Cemas Lihat Papan Live Scoring

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan, peristiwa ini terjadi titik lokasi tes di Ambon pada Kamis (6/2/2020).

Ia menegaskan, tak akan ada bocoran kunci jawaban yang beredar karena soal yang akan diujikan dalam SKD CPNS diacak oleh sistem. “Soal akan diacak sistem. Jadi tidak mungkin orang bisa membuat bocoran jawaban,” kata Paryono saat dihubungi Kompas.com, Jumat (7/2/2020) pagi.

Banyaknya soal yang dibuat panitia dan pengacakan oleh sistem ini tidak memungkinkan soal yang diujikan akan terulang meskipun di beda daerah. “Enggak mungkin sama, jumlah soal (bank soal) kan banyak,” ujar dia.

Meraih Skor 408 Pada SKD CPNS Pemkab Belitung Timur, Sementara Ini Vebry Jadi yang Tertinggi

Paryono menjelaskan, jika peserta ketahuan membawa catatan sebelum masuk ruangan, maka petugas akan menyita dan memperbolehkan peserta masuk mengikuti ujian.

“Tetapi kalau ketahuan setelah di dalam (ruang), maka peserta dikeluarkan dan didiskualifikasi,” kata Paryono.

Panitia CPNS titik lokasi Ambon menemukan kunci jawaban yang dibawa peserta
Panitia CPNS titik lokasi Ambon menemukan kunci jawaban yang dibawa peserta (Dok/BKN)
Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved