Berita Belitung

Januari 2020, 158 Perkara yang Masuk ke Pengadilan Agama Kabupaten Belitung

Selama Januari 2020 tercatat 158 perkara yang masuk ke Pengadilan Agama yang tergabung dari Kabupaten Belitung dan Belitung Timur.

Januari 2020, 158 Perkara yang Masuk ke Pengadilan Agama Kabupaten Belitung
bangkapos.com/Ferdi Aditiawan
Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Kabupaten Belitung Atiaturrahman 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Pengadilan Agama Kabupaten Belitung Atiaturrahman mengatakan, selama Januari 2020 tercatat 158 perkara yang masuk ke Pengadilan Agama yang tergabung dari Kabupaten Belitung dan Belitung Timur.

Ia menyebutkan adapun rincian perkaranya yang sudah diputuskan yakni lima yang dicabut (rujuk), tujuh cerai talak, 34 cerai gugat, dua asal usul anak, dua isbat nikah, 23 dispensasi nikah, satu tidak diterima, satu ditolak.

"Sisanya saat ini sedang dalam proses sidang," kata Atiaturrahman kepada posbelitung.co, Rabu (12/2/2020).

Ia mengungkapkan berdasarkan catatan setiap tahunnya perkara yang masuk ke Pengadilan Agama mengalami kenaikan, terutama dalam perkara perceraian.

Menurutnya tingginya angka perceraian di Kabupaten Belitung disebabkan oleh faktor ekonomi seperti suami yang malas bekerja, sedangkan hal lainnya karena pihak ketiga (perselingkuhan).

"Selain itu disebabkan oleh dispensasi nikah (pernikahan dini)," ujar Atiaturrahman.

Lebih lanjut terkait masalah ini ia mengajak semua pihak seperti instansi terkait agar saling berkoordinsi demi menekan tingginya angka perceraian dengan memberikan semacam pengetahuan dan sosialisasi kepada masyarakat.

Tak hanya itu, terkhusus bagi orang tua agar berfikirlah terlebih dahulu guna menikahkan para anak-anaknya yang masih terbilang belum cukup umur. Karena sesuai dengan peraturan baru usia pernikahan baik laki-laki maupun perempuan harus ber-umur 19 tahun.

"Karena apabila hanya Pengadilan Agama saja yang bekerja, tentu tidak akan berjalan optimal. Sebab fungsi pengadilan hanya memutuskan," pungkas Atiaturrahman.

Berikut data perkara yang masuk ke Pengadilan Agama lima tahun terakhir:

Tahun 2015 893 perkara
Tahun 2016 937 perkara
Tahun 2017 969 perkara
Tahun 2018 1079 perkara
Tahun 2019 1097 perkara

Sumber: Pengadilan Agama Kabupaten Belitung.

(posbelitung.co/Ferdi Aditiawan)

Penulis: Ferdi Aditiawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved