Berita Belitung

Temuan Banyak Warga Pendatang, Satpol PP Minta Perangkat Desa Lebih Peka

warga pendatang yang masih ber KTP kampung halaman mereka, tetap akan di arahkan untuk membuat surat keterangan domisili

Temuan Banyak Warga Pendatang, Satpol PP Minta Perangkat Desa Lebih Peka
Ist/dok Dukcapil
Petugas gabungan, melakukan razia yustisi di Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Rabu (12/2/2020) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Belitung Abdul Hadi mengatakan, tetap untuk kedepan akan terus melakukan penyisiran terhadap kontrakan - kontrakan yang ada di Negeri Laskar Pelangi.

Itu sangat penting sekali, agar penghuni kontrakan taat administrasi kependudukan (adminduk).

Terutama kepada warga pendatang yang masih ber KTP kampung halaman mereka, tetap akan di arahkan untuk membuat surat keterangan domisili.

"Kalau mau diarahkan membuat KTP sini, ya karena mereka itu karena urusan pekerjaan saja, dan belum terpikir ingin menetap di Belitung. Jadi diarahkan ke keterangan domisili itu," ujar Abdul Hadi kepada posbelitung.co.

Ia meminta, kedepan kepada perangkat Desa agar lebih peka terhadap penduduk pendatang yang ada di Desa masing - masing dan jangan dibiarkan, apabila hanya melapor kepada Ketua RT setempat.

"Kalau dia hanya satu dua hari, silahkan lapor ke Ketua RT cukup, tapi kalau sudah seperti ini, satu tahun, tiga tahun, harus sudah di arahkan kepada surat keterangan domisili. Itu jangan di biarkan, takut nya nanti ada sesuatu yang tidak di inginkan, jadi harus di antisipasi dulu," jelasnya.

Kata Abdul Hadi, dengan berkembang sektor pariwisata, pemerintah Desa harus lebih tanggap, untuk urusan adminduk.

Agar penduduk pendatang ini lebih ter arah, dan terkontrol oleh perangkat Desa setempat.

"Jadi tidak ada istilah effect pembiaran, walau pun di anggap selama ini tidak bermasalah. Kepada pemilik kontrakan juga, kami minta agar lebih taat adminduk, dan arahkan penghuni kontrakan tersebut untuk lapor," pungkasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved