Berita Belitung

Ingin Kembangkan Wisata Buku Limau, Begini Saran Dosen Pariwisata Politeknik Darma Ganesha

Dosen Pariwisata di Politeknik Darma Ganesha Surya Tirta Niagara mengatakan bahwa pengembangan wisata minat khusus di Buku Limau sudah tepat

Ingin Kembangkan Wisata Buku Limau, Begini Saran Dosen Pariwisata Politeknik Darma Ganesha
Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Surya Tirta Niagara. 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Pengembangan wisata minat khusus diving di Buku Limau Manggar bisa menjadi penarik baru bagi penikmat bahari di Indonesia bagian barat.

Biasanya wisatawan jika ingin melakukan diving mengarah ke Indonesia bagian timur.

Dosen Pariwisata di Politeknik Darma Ganesha Surya Tirta Niagara mengatakan bahwa pengembangan wisata minat khusus di Buku Limau sudah tepat, sesuai dengan potensi yang ada di sana.

"Potensi bawah laut di Buku Limau cocok bagi pembangunan dive center karena lautnya yang masih bagus dan pesona bawah lautnya juga cocok untuk pemula. Cocok karena kedalaman dua tiga meter sudah bisa lihat coral dan ikan-ikan di situ,"  jelas Surya kepada Posbelitung.co, Kamis (13/2/2020).

Namun, menurutnya dalam membangun sebuah tempat wisata harus memerhatikan tiga hal, yakni something to see, something to do, dan something to buy.

Something to do maksudnya adalah bagaimana tempat wisata itu bisa menarik wisatawan melakukan sesuatu, misalnya memberi makan ikan.

Something to see yakni bagaimana tempat wisata itu menyajikan atraksi misal pertunjukkan budaya atau lebih simpel melihat aktifitas keseharian warga.

"Terakhir something to buy. Di sini peran pemerintah juga harus besar. Bagaimana cara merangsang kekreatifitasan masyarakat supaya bisa mengolah sumber daya lokal menjadi sesuatu yang bernilai jual. Setelah bernilai jual bisa menjadi buah tangan bagi para pelancong," kata lelaki lulusan STP AMPTA Yogyakarta ini.

Dengan begitu, lanjutnya, wisata minat khusus yang berbiaya Rp 4 miliar ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Caption : Surya Tirta Niagara. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

3 Lampiran

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved