Berita Belitung

Jangan Takut Belanja Online, Virus Corona Tak Menyebar Lewat Barang

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas III Pangkalpinang Bangun Cahyo Utomo memastikan penyebaran virus corona tidak bisa dilakukan lewat benda mati.

Jangan Takut Belanja Online, Virus Corona Tak Menyebar Lewat Barang
(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Petugas keamanan bandara berjaga saat wisatawan asal China baru mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (28/1/2020). WNA Punya Riwayat Perjalanan ke China Ditolak Masuk Bali, Cegah Penyebaran Virus Corona ke Indonesia 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas III Pangkalpinang Bangun Cahyo Utomo memastikan penyebaran virus corona tidak bisa dilakukan lewat benda mati.

"Virus ini hanya tersebar lewat human to human. Virusnya bisa hidup kalau di organ manusia. Kalau lewat barang kecil sekali kemungkinan," kata Bangun kepada posbelitung.co, Kamis (13/2/2020) di Puskesmas Manggar.

Lebih lanjut ia mengatakan virus mematikan ini belum ditemukan vaksinnya. Masyarakat diimbau tak bepergian dulu ke wilayah-wilayah yang sudah terdampak virus ini.

Ia menjelaskan walaupun dari human to human, virus ini juga tidak bisa bertahan lama.

Ketika manusia terjangkit virus ini maka akan dikarantina selama 14 hari di sebuah tempat supaya tidak menyebarkan ke manusia lain.

"Pemerintah Indonesia sendiri sudah memberlakukan pemberhentian sementara penerbangan dari dan ke China sebagai upaya kewaspadaan penyebaran virus ini ke Indonesia," kata Bangun.

Hingga hari ini Indonesia dipastikan belum ada pasien yang terjangkit 2019-virus corona.

Hal ini dikatakan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Pangkalpinang saat mengisi materi edukasi kewaspadaan terhadap virus ini di Puskesmas Manggar, Kamis (13/2/2020).

Ia juga menyanggah pikiran bahwa Indonesia tidak ada kasus corona karena keterbatasan alat pendeteksian penyakit ini.

"Alat deteksi dari pihak litbang Kemenkes sudah menyiapkan. Jadi kita sudah mampu mendeteksi penyakit ini," kata Kepala KKP kelas III Pangkalpinang Bangun Cahyo Utomo kepada posbelitung.co seusai acara.

Ia menekankan kepada semua lini, lintas sektor dan program agar bekerja sama menangani kasus mematikan ini.

Terkait kesiapan alat, pihaknya mengaku sudah menyiapkan lima Alat Pelindung Diri (baju astronot) untuk tenaga kesehatan yang berupaya membawa pasien virus corona ke rumah sakit tujukan.

Bangun Cahyo Utomo juga berpesan kepada masyarakat agar selalu menjaga kesehatan seperti berperilaku hidup sehat, olahraga dan istirahat cukup, serta makan makanan bergizi.

(Posbelitung.co/ Bryan Bimantoro)

--

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved