Berita Belitung

Fokus Awasi Penumpang Rute Penerbangan Internasional, Ini Upaya KKP Kelas III Pangkalpinang

Terutama untuk mobilitas penumpang dari penerbangan Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Belitung.

Fokus Awasi Penumpang Rute Penerbangan Internasional, Ini Upaya KKP Kelas III Pangkalpinang
Posbelitung.co/Disa Aryandi
Dr Bangun Cahyo Utomo. 

POSBELITUNG.CO--Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dr Bangun Cahyo Utomo mengatakan, untuk pencegahan terhadap virus corona sekarang ini masih secara ekstra dilakukan oleh petugas KKP.

Terutama untuk mobilitas penumpang dari penerbangan Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Belitung. Lantaran untuk bandara ini, memiliki penerbangan langsung dari Belitung - Malaysia. Termasuk untuk pencegahan tersebut, dilakukan oleh petugas melalui transportasi laut.

"Untuk pencegahan kami masih ekstra terus, dan tidak ada penurunan, masih seperti langkah-langkah yang sudah dilakukan kemarin. Karena sampai sekarang belum ada penurunan status dari WHO (World Health Organization/Organisasi Kesehatan Dunia)," ungkap Bangun Cahyo Utomo kepada Posbelitung.co, Jumat (14/2/2020).

Status untuk permasalahan virus corona itu, kata dia, hingga sekarang masih berstatus Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia (KKMMD). Namun untuk penumpang domestik, melalui penerbangan di bandara internasional tersebut, tidak dilakukan pencegahan.

"Yang domestiknya tidak, jadi hanya yang Internasional saja. Karena kalau untuk yang domestik itu sudah tercover di Bandara Jakarta kalau dari Belitung ini. Jadi tugas kami lebih kepada arah internasional," ucapnya.

Terkait apakah penyebaran virus corona ini bisa melalui barang-barang?, ia mengatakan untuk penyebaran virus tersebut, sejauh ini hanya di awasi sebatas penumpang atau orangnya saja, sehingga pengamanan atau pencegahan, hanya di arahkan kepada orang saja.

"Karena memang virus ini menyebar dari orang ke orang, dari makhluk hidup ke makhluk hidup. Kemudian untuk penumpang yang suhu tubuh di atas 38 derajat, sampai sekarang ini belum ada yang di temukan, dan alhamdulillah masih normal," jelas Bangun.

Suasana keberangkatan internasional Bandara Hanandjoeddin Tanjungpandan, Senin (27/1/2020).
Suasana keberangkatan internasional Bandara Hanandjoeddin Tanjungpandan, Senin (27/1/2020). (Posbelitung.co/ist.ImigrasiTanjungpandan)

Lakukan Pencegahan Ekstra

Virus corona kini masih menghantui penumpang pesawat, terutama untuk penerbangan Internasional di Bandara H AS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Belitung.

Lantaran ada penerbangan langsung dari Bandara Belitung menuju Malaysia atau sebaliknya. Pencegahan secara ekstra oleh petugas PT Angkasa Pura (AP) II tersebut, hingga sekarang masih terus dilakukan.

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved