Advertorial

Melati Erzaldi Tekankan Pentingnya Gizi untuk Cegah Stunting

TIM Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) bersama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Bangka Belitung

Melati Erzaldi Tekankan Pentingnya Gizi untuk Cegah Stunting
Pos belitung/ Ferdi Aditiawan
Foto bersama setelah acara kegiatan orientasi pendidikan gizi bagi kader PKK dalam pemberian makan tambahan berbasis pangan lokal di Ballroom Grand Hatika Hotel, Kamis (13/2/2020). 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Tim Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) bersama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Bangka Belitung menggelar kegiatan Orientasi Pendidikan Gizi Bagi Kader PKK Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur dalam pemberian makan tambahan berbasis pangan lokal kepada Ibu hamil dan menyusui serta balita, sejak Tanggal 11-13 Pebruari 2020 di Tanjungpandan. Di dalam kegiatan ini pun dilaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dengan 12 (dua belas) Ketua TP PKK desa di Pulau Belitung pada tanggal 11 Pebruari 2020.

Kegiatan yang dipusatkan di Ballroom Grand Hatika Hotel Belitung dihadiri oleh 36 peserta Tim PKK dari 12 desa, 4 kec, dan 2 kabupaten dengan rincian delapan desa dari Kabupaten Belitung dan empat desa dari Belitung Timur.

Di hari terakhir orientasi, hadir sebagai narasumber yakni Ketua Tim Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Bangka Belitung, Melati Erzaldi.

Kegiatan ini berlangsung dengan khidmat, diisi dengan sesi tanya jawab dan berlangsung santai, sesekali terlihat canda tawa antar sesama mereka,

Ketua Tim Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Bangka Belitung Melati Erzaldi dalam kesempatan ini mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memberikan orientasi kepada para kader PKK, posyandu dan pihak terkait lainnya guna melakukan pemberian makanan tambahan dalam rangka mengintervensi Stunting terkhusus di Pulau Belitung.

Menurutnya angka stunting di Provinsi Bangka Belitung tidak terlalu besar dan masih dibawah angka Nasional.

"Walaupun demikian tetap menjadi perhatian, akan terus diupayakan dari Pemerintah Provinsi guna menekan angka stunting," kata Melati.

Ia mengungkapkan program dan upaya yang dilakukan selama ini guna menekan angka stunting yakni Tim PKK bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), serta dibantu para kader yang didampingi dari Tenaga Ahli Gizi dibawah Dinas Kesehatan setempat memberikan makanan tambahan kepada ibu hamil dan ibu menyusui serta balita. Dalam artian makanan tambahan tersebut benar-benar dipikirkan dan dihitung nilai gizinya bagi kesehatan.

"Dengan harapan pemberian makanan tambahan dengan prinsip Isi Piringku ini bisa membantu dalam penanganan stunting. Mudah-mudahan kedepannya ini bisa diteruskan menggunakan dana desa," ujar Melati Erzaldi.

Dikatakan Melati Erzaldi makanan lokal baik untuk dikonsumsi seperti daun kelor, torbangun, ikan, serta makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan nutrisi lainnya yang telah diperhitungkan nilai gizinya dan dibutuhkan bagi ibu hamil dan menyusui.

Lebih lanjut ia berpesan bagi ibu-ibu kader PKK untuk menjalankan program yang telah diberikan secara ikhlas, melihat kegiatan ini bersifat masif dan dilakukan selama 24 kali berturut-turut.

"Jadi terkhusus bagi kader PKK berikanlah pendampingan, edukasi dan pemahaman bagi ibu hamil dan menyusui serta orangtua yang mempunyai balita dalam mengkonsumsi makanan tambahan guna mencegah stunting di Provinsi Bangka Belitung ini, terkhusus di Pulau Belitung," pesan Melati Erzaldi.

Dalam penutupan acara ini juga diluncurkan jargon gerakan Pemerintah Provinsi Kep. Bangka Belitung melalui Program Penanganan Stunting Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yaitu SI CENTING (SIAP CEGAH STUNTING) dalam arti bahwa kader bersinergi dengan semua tingkatan birokrasi dan lintas sektor untk menangani dan mencegah stunting di Provinsi Kep. Bangka Belitung.
(Adertorial/Ferdi Aditiawan/uwa).

Editor: nurhayati
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved