Berita Belitung

Pelabuhan Jadi Pengawasan KKP Kelas III Pangkalpinang,Kesehatan ABK Kapal dari Luar Negeri Diperiksa

Ekspor tersebut, tentu menjadi salah satu pengawasan yang sangat ekstra dilakukan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjungpandan, Belitung.

Pelabuhan Jadi Pengawasan KKP Kelas III Pangkalpinang,Kesehatan ABK Kapal dari Luar Negeri Diperiksa
IST/dok. Bandara H AS Hanandjoeddin
Petugas Bandara H AS Hanandjoeddin menggunakan masker saat bertugas, Senin (27/1/2020). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Dari Kabupaten Belitung, sekarang ini memiliki ekspor ke negara di Hongkong dan Taiwan. Yaitu untuk komoditi hasil perikanan dan hasil tambang berupa kaolin.

Ekspor tersebut, tentu menjadi salah satu pengawasan yang sangat ekstra dilakukan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjungpandan, Belitung.

Terutama berkaitan dengan pencegahan virus corona, sehingga setiap ABK, kapten kapal, serta awak kapal yang lain, wajib dilakukan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan tersebut dilakukan, saat awak kapal itu ingin berlayar ke luar negeri, maupun pulang dari luar negeri.

"Itu sudah jelas, saat berangkat crew kapal nya diperiksa terlebih dahulu, baru mereka di perbolehkan berangkat ke luar negeri. Termasuk baliknya juga nanti sama, di karantina dulu, habis itu apabila dinyatakan oleh petugas, clear, baru mereka boleh kemana - mana," ungkap Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Pangkalpinang wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dr Bangun Cahyo Utomo kepada posbelitung.co, Jumat (14/2/2020).

Pemeriksaan kepada awak kapal itu, sekaligus melakukan penertiban, bahwa mereka tidak terjangkut atau tertular oleh berbagai virus dan keadaan crew kapal tersebut sehat.

"Itu sesuai dengan Undang-undang nomor 6 tahun 2018. Ini tentu, apabila ada sesuatu virus menempel atau terjangkit, bisa langsung di atasi. Itu pemeriksaan nya, pemeriksaan suhu tubuh, dan segala macam," jelasnya.

Apabila petugas sudah menyatakan clear, kata dia, maka awak kapal yang semula di karantina tersebut, akan diberikan sertifikat via izin bebas karantina, dan sudah boleh masuk ke wilayah Belitung.

"Jadi, diperiksa pergi dan pulang, itu untuk memastikan supaya, dia pergi dalam kondisi sehat, pulang nya begitu juga, dalam keadaan sehat dan aman," bebernya.

Petugas mengoperasikan alat thermal scanner di terminal kedatangan internasional Bandara H AS Hanandjoeddin.
Petugas mengoperasikan alat thermal scanner di terminal kedatangan internasional Bandara H AS Hanandjoeddin. (IST/dok Bandara H AS Hanandjoeddin)

Sosialisasi Penanganan Virus Corona

Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sekarang ini mulai melakukan sosialisasi, terhadap penangan virus corona yang masih berstatus Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia (KKMMD).

Halaman
1234
Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved