Breaking News:

Kamera ILC tvOne Soroti Ekspresi Anies Baswedan Setelah Ganjar Pranowo Singgung Politik Identitas

Kamera ILC tvOne Soroti Ekspresi Anies Baswedan Setelah Ganjar Pranowo Singgung Politik Identitas

Editor: Asmadi Pandapotan Siregar
Kolase TribunNewsmaker.com/ IlC tvOne
Sandiaga Uno, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan 

Kamera ILC tvOne Soroti Ekspresi Anies Baswedan Setelah Ganjar Pranowo Singgung Politik Identitas

POSBELITUNG.CO -- Mengapa masih muncul politik identitas di berbagai pesta demokrasi, baik dalam skala pemilihan kepala daerah / Pilkada hingga pemilihan presiden atau Pilpres?

Itulah hal yang diulas Ganjar Pranowo saat mendapat kesempatan berbicara di diskusi ILC di layar tvOne yang dipandu Karni Ilyas. 

Dengan nada bersemangat dan bahasa tubuh yang banyak menggerak-gerakkan tangan kanannya, Ganjar Pranowo memahami mengapa masih muncul politik identitas.

Menurutnya, itu bagian dari liberalisasi sistem politik di Indonesia, membiarkan rakyat memilih langsung pemimpinnya, tidak lagi lewat MPR, tidak lagi lewat DPRD.

Praktis, liberalisasi politik ini mendorong para kontestan di Pilkada hingga Pilpres berimprovisasi untuk menarik simpati dan dukungan serta bermanuver meraup suara, termasuk dengan menonjolkan politik identitas. 

Jurnalis China Ini Mendadak Hilang Seusai Unggah Rekam Tumpukan Mayat Korban Virus Corona di Wuhan

Ganjar Pranowo (ILC tvOne)
Ganjar Pranowo (ILC tvOne)

Namun begitu, hasil Pilpres atau Pilkada diumumkan KPU atau KPUD, hanya satu kata kunci yang bisa merontokkan politik identitas, yakni rekonsiliasi. 

"Politik nasional menentukan negosiasi yang sangat keras dalam membentuk kabinet saat itu.

Dan tiba tiba menerima seorang Pak Prabowo jadi Menhan. Apa sih keyword-nya? Rekonsiliasi kok," kata Ganjar Pranowo, membuat hadirin ILC di tvOne manggut-manggut. 

Sandiaga Uno tampak menyimak serius, sementara Gubernur Jakarta Anies Baswedan yang duduk persis di sebelah kiri Ganjar Pranowo senyum-senyum kecil sambil menunduk.

Halaman
1234
Sumber: TribunNewsmaker
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved