Breaking News:

Berita Belitung

Tahun 2020 Penerimaan Dana Bos di Kabupaten Belitung Mengalami Kenaikan

dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) memang setiap tahun berubah dan mengalami kenaikan berdasarkan kebutuhan sekolah

Editor: Hendra
Posbelitung.co/Ferdi Aditiawan 
Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Ketenagaan sekaligus tim managemen dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dinas Pendidikan dan Kebudayaaan Kabupaten Belitung Hasandi. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Ketenagaan sekaligus tim managemen dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dinas Pendidikan dan Kebudayaaan Kabupaten Belitung Hasandi menyampaikan bahwa pada tahun 2020 penerimaan dana bantuan ke sekolah mengalami kenaikan.

Hasandi membeberkan kisaran kenaikan sebesar Rp 100 ribu per-siswa meliputi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Kabupaten Belitung.

Sedangkan untuk Sekolah Menengah Pertama (SMA) langsung dikelola oleh Dinas Provinsi.

"Jadi tahun 2020 ini per-siswa sekolah dasar (SD) menerima sebesar Rp. 900.000 yang pada tahun 2019 hanya Rp.800.000. Sedangkan siswa sekolah menengah pertama (SMP) sebesar Rp. 1.100.000 yang pada tahun 2019 lalu Rp. 1.000.000," kata Hasandi kepada posbelitung.co, Rabu (12/2/2020) lalu.

Dikatakan Hasandi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) memang setiap tahun berubah dan mengalami kenaikan berdasarkan kebutuhan sekolah.

Sebab dana tersebut merupakan bantuan langsung dari pusat yang nantinya akan disalurkan ke sekolah-sekolah melalui Dinas pendidikan Provinsi, Kabupaten, maupun kota yang ada disetiap daerah.

"Kenaikan dana berdasarkan kebijakan dan pentauan dari pusat sesuai dengan kebutuhan sekolah setiap tahunnya," ujar Hasandi

Ia menyebutkan adapun jumlah sekolah di Kabupaten Belitung yang menerima dana BOS sebanyak 139. Dengan rincian 120 Sekolah Dasar (SD) yang terbagi dalam 114 sekolah dasar negeri dan enam swasta.

Sedangkan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 29 sekolah yang terbagi dalam 21 sekolah negeri dan delapan swasta.

Lanjutnya, pencairan dana dilakukan secara bertahap, sebanyak empat kali dalam satu tahun. Sedangkan waktu pencairan yakni tiga bulan sekali.

"Jadi pencairan ini menggunakan sistem triwulan I, II, III, dan IV," jelas Hasandi.

Lebih lanjut ia berpesan agar dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) ini dapat digunakan sebaik-baiknya, terkhusus bagi keperluan pendidikan guna meningkatkan proses kegiatan pembelajaran di sekolah. (Posbelitung.co/Ferdi Aditiawan)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved