Advertorial

Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan Pribadi 2019

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanjungpandan menggelar acara sosialisasi pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) di KV Senang Tanjungpandan

ist
KPP Pratama Tanjungpandan Gelar Sosialisasi di KV Senang 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanjungpandan menggelar acara sosialisasi pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) di KV Senang Tanjungpandan, Senin (17/2). Acara ini dihadiri Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanjungpandan, Sugeng Pamilu K beserta jajaran, perwakilan DPRD, unsur forkonpimda serta tamu undangan lainnya.

Sugeng Pamilu K mengatakan, acara sosialisasi ini memang rutin dilaksanakan setiap tahun dalam rangka pekan panutan penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pribadi tahun 2019. Dengan tujuan memberitahukan kepada masyarakat bahwa harus menyampaikan SPT pajak tahunan, sekaligus mengurai antrean agar tidak terjadi penumpukan di kantor pajak.

“Jadi memang sengaja dicari tempat yang terbuka agar masyarakat mengetahui dan tidak terkesan menakutkan. Karena selama ini masyarakat berpandangan pajak terkesan mengerikan,” kata Sugeng Pamilu K disela acara, Senin (17/2).

Dikatakan Sugeng, KPP Pratama Tanjungpandan setiap saat siap melayani dan memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada masyarakat dalam bidang perpajakan baik perseorangan maupun perusahaan. “Untuk SPT perseorangan (orang pribadi) batas akhir sampai tanggal 31 Maret. Sedangkan bagi perusahaan tanggal 30 April tahun 2020 mendatang,” ujar Sugeng.

Lebih lanjut ia mengimbau kepada masyarakat agar selalu taat membayar pajak. Sebab penghasilan daerah dalam rangka menunjang dan memberikan kontribusi untuk pembangunan terbesar itu dari pajak.

Selain itu, ia berpesan kepada masyarakat agar menjunjung tinggi budaya wajib pajak demi kemajuan daerah. Karena penghasilan guna pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat 75 persen berasal dari pajak. “Khususnya Pulau Belitung, kepatuhan masyarakat akan sadar membayar pajak itu sudah baik. Jadi diharapkan dapat ditingkatkan lagi guna kesejahteraan bersama,” kata Sugeng.

Sementara itu Isyak Meirobie mengatakan, pajak merupakan komponen terpenting dalam setiap pembangunan daerah. Karena tidak mungkin terjadi pembangunan apabila proses pembayaran pajak tidak berjalan lancar, baik dari segi pelaporan dan penyetoran setiap tahunnya.

“Tidak dipungkiri penghasilan tertinggi setiap daerah itu terbesar dari pajak,” kata Isyak Meirobie usai acara sosialisasi SPT tahunan yang digelar KPP Pratama Tanjungpandan di KV Senang, Senin (17/2).

Lanjutnya, demi menunjang pertumbuhan dan pendapatan pajak pihak pemerintah daerah telah melakukan koordinasi dengan KPP Pratama, serta melibatkan masyarakat agar ekonomi tumbuh dan meningkat.

Otomatis kalau pertumbuhan ekonomi masyarakat meningkat tentunya penyetoran pembayaran pajak mengalami peningkatan.

Selain itu juga sudah digali potensi-potensi yang belum digenjot selama ini. Bukan mencari objek pajaknya tetapi semacam penggerakan ekonomi guna menunjang pendapatan pajak setiap tahunnya, sebab di Belitung sangat potensial dalam segala hal.

“Menurut saya pribadi, tahun 2020 ini terpantau merupakan tahun yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi Pulau Belitung,” ujar Isyak Meirobie.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama melaporkan SPT secara disiplin, laporkan sesuai apa adanya. “Percayalah dengan pemerintah daerah, pajak yang dibayar akan digunakan menunjang pembangunan yang lebih mempercepat pertumbuhan perekonomian masyarakat,” katanya.

Dikatakannya, uang yang disetorkan oleh masyarakat akan kembali ke masyarakat dalam bentuk yang berbeda, seperti pembangunan infrastruktur, pariwisata, serta kegiatan lainnya yang bisa dinikmati secara bersama-sama.

“Jadi intinya uang pajak yang disetorkan tidak jatuh ke tempat yang salah. Kami pemerintah daerah menjamin pembayaran pajak digunakan sebagaimana mestinya dalam hal menunjang pembangunan, dan pertumbuhan perekonomian masyarakat di Belitung,” kata Isyak. (advertorial/s3)

Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved