Breaking News:

Berita Belitung

KPPN Tanjungpandan Salurkan Dana Desa untuk 11 Desa di Kabupaten Belitung

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjungpandan telah menyalurkan dana desa ke enam desa di Kabupaten Belitung

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: nurhayati
Dok/ KPPN Tanjungpandan
Kepala KPPN Tanjungpandan Rd Yen Yen Nuryeni. 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjungpandan telah menyalurkan dana desa ke enam desa di Kabupaten Belitung. Seperti Desa Perpat, Simpang Rusa, Ibul, Suak Gual, Petaling, dan Selat Nasik.

Keenam desa tersebut menyusul lima desa lainnya yang tdana desanya telah tersalurkan yakni Desa Mentigi, Desa Air Batu Buding, Desa Cerucuk, Desa Sijuk dan Desa Kacang Butor.

"Jadi sampai dengan tanggal 20 Februari 2020, KPPN Tanjungpandan sudah menyalurkan dana desa sebanyak 11 Desa di Kabupaten Belitung," ujar Kepala KPPN Tanjungpandan Rd Yen Yen Nuryeni, Jumat (21/10/2020).

Menurutnya, penyaluran dana desa tersebut dilakukan langsung ke rekening kas desa masing-masing. Karena saat ini mekanisme penyaluran dana desa dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dan penyaluran dari RKUD ke Rekening Kas Desa (RKD) dilaksanakan dalam tanggal dan waktu yang sama.

Sehingga dengan mekanisme ini, diharapkan dana desa dapat diterima lebih cepat, serta tidak lagi terjadi idle cash (dana menganggur) dana desa di RKUD.

Percepatan penyaluran dana desa tersebut tetap disesuaikan dengan peraturan
perundang-undangan penyaluran dana desa, sehingga proses akuntansi dan pelaporan
penyalurannya tetap tercatat dalam APBD kabupaten.

Dana Desa juga disalurkan sesuai dengan pengajuan dari desa-desa yang layak salur (memenuhi persyaratan penyaluran), sehingga Pemda dapat mengajukan permintaan penyaluran Dana Desa ke KPPN tiap pekan.

Di samping itu, porsi persentase penyaluran juga mengalami perubahan. Di 2020 ini, penyaluran dana desa dilakukan dengan porsi 40:40:20. Sedangkan sebelumnya 20:40:40.

Perubahan porsi persentase ini diharapkan dapat membantu desa-desa bergerak lebih mudah dan cepat untuk mewujudkan program-program pembangunannya serta mampu meningkatkan kemajuan desa.

Penyaluran Tahap I tahun anggaran 2020, ditargetkan paling cepat dilaksanakan Januari dan paling lambat Juni mendatang.

Ia berharap agar setiap penyaluran dapat menstimulasi desa desa lain untuk segera menyusul melengkapi persyaratan penyaluran sehingga Dana Desa tahap I bisa disalurkan untuk 81 desa di Belitung dan Belitung Timur.

"Untuk desa-desa yang sudah disalurkan agar langsung menindaklanjutinya dengan segera melaksanakan program-program yang sudah direncanakan masing-masing desa serta mampu memberikan manfaat nyata bagi masyarakat desa dan juga menggerakkan ekonomi desa," tuturnya. (Posbelitung.co/ Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved