Breaking News:

Bawaslu Babel Antisipasi Munculnya Dukungan Palsu Paslon Independen

Pengecekan dukungan akan berlangsung hingga 26 Februari 2020 dan verifikasi administrasi kegandaan pada 27 Februari sampai 25 Maret 2020.

Kompas.com
Iluistrasi pilkada 2020. 

POSBELITUNG.CO, PANGKALPINANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kepulauan Bangka Belitung mengintensifkan pengawasan untuk mengantisipasi munculnya dukungan palsu bagi pasangan calon per seorangan.

"Belajar dari pengalaman sebelumnya, banyak syarat ini dipalsukan. Blanko-nya sama tapi nama orangnya diganti," kata Komisioner Bawaslu Babel, Dewi Rusmala di Pangkal Pinang, Senin (24/2/2020).

Menurut Dewi, sistem upload dukungan akan mendeteksi setiap KTP ganda. "Nanti kalau NIK nya sama langsung ditolak sama aplikasi," ujar Dewi.

Pengecekan dukungan akan berlangsung hingga 26 Februari 2020 dan verifikasi administrasi kegandaan pada 27 Februari sampai 25 Maret 2020.

Dari empat kabupaten yang menyelenggarakan pilkada 2020 di Kepulauan Bangka Belitung, hanya dua kabupaten yang berpotensi memunculkan pasangan calon dari jalur perseorangan. Yakni pasangan Kodi - Rusliadi di Bangka Selatan dan Rieza - Medi Hestri di Bangka Barat.

"Di Bangka Selatan jumlah dukungan sementara tercatat 14.919 dan di Bangka Barat 8.000-an. Ini dalam pengawasan kami juga," ujar Dewi.

Dia menuturkan, syarat dukungan KTP dibuka pada 19 sampai 23 Februari 2020. Dari tenggat waktu tersebut, hanya Bangka Selatan dan Bangka Barat yang sudah mengajukan syarat dukungan. Sedangkan Bangka Tengah dan Belitung Timur hingga kini masih nihil.

Ini baru yang mengajukan ya. Karena nanti ada verifikasi, bisa dinyatakan memenuhi syarat atau tidak," ujar Dewi.

Ada pun untuk Bangka Selatan, dukungan minimal sebanyak 12.766 dengan sebaran 5 kecamatan dan Bangka Barat 12.872 dengan sebaran 4 kecamatan.

Pengawasan kata Dewi, meliputi keaslian foto copy KTP yang dilengkapi dengan formulir pernyataan dukungan. Proses verifikasi kata dewi juga akan menjangkau warga yang memberikan dukungan. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bawaslu Babel Pantau KTP Palsu, Agar Tak Disalahgunakan Dukung Paslon Independen"

Editor: Tedja Pramana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved