Advertorial

Bupati Belitung Senang PLN Operasikan SUTT 70 kV Dukong-Manggar

Pangkalpinang (24/02) Bupati Belitung apresiasi pencapaian PLN yang berhasil mengoperasikansaluran udara tegangan tinggi (SUTT) 70 kV

Bupati Belitung Senang PLN Operasikan SUTT 70 kV Dukong-Manggar
pandhu
Petugas PLN Babel saat melakukan pekerjaan di gardu induk 

POSBELITUNG.CO--Bupati Belitung apresiasi pencapaian PLN yang berhasil mengoperasikan saluran udara tegangan tinggi (SUTT) 70 kV jalur Dukong-Manggar guna memerkuat sistem kelistrikan di Pulau Belitung.

Hal ini ditandai dengan keberhasilan PLN melakukan energizing jaringan tersebut pada pukul 22.00 WIB tadi malam.

“Kami sangat senang sekali atas pencapaian ini, semoga hal ini dapat bermanfaat untuk mewujudkan Belitung terang benderang, terima kasih kepada PLN atas kerjasama dan koordinasinya yang baik selama ini”.

“Dengan ini, maka Belitung dan Belitung Timur kini menjadi satu kesatuan sistem kelistrikan yang dapat saling menyuplai daya listrik dengan tingkat keandalan yang lebih tinggi,” Jelas General Manger PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung, Abdul Mukhlis.

Sebelumnya, sistem kelistrikan Belitung hanya disuplai oleh jalur SUTT Suge-Dukong. Dengan adanya jalur SUTT yang saat ini terpasang 70 kilo meter sirkuit (Kms) ini, maka daya yang ada di Belitung dapat dievakuasi ke Belitung Timur sehingga tegangan di daerah tersebut menjadi lebih baik. Tercatat kapasitas trafo di gardu induk Manggar sebesar 30 MVA.

Saat ini, daya mampu sistem Belitung sebesar 74,45 mega watt (MW) dengan beban puncak sebesar 43,98 MW. Kedepan PLN masih akan melanjutkan pembangungan jaringan SUTT dari Dukong ke Tanjung Tinggi yang ditargetkan selesai pada tahun 2021.

Lebih dari itu, Abdul Mukhlis menyampaikan terima kasih kepada segenap elemen forkominda atas dukungan yang diberikan sehingga proyek strategis ini rampung.

“Kami sampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Gubernur, Kapolda, Kajati, Bupati, para tokoh masyarakat, dan teman-teman media atas dukungan yang diberikan kepada kami, sehingga PLN dapat menyelesaikan SUTT 70 kV jalur Dukong-Manggar ini” ungkapnya.

Petugas PLN Babel saat melakukan pekerjaan di gardu induk
Petugas PLN Babel saat melakukan pekerjaan di gardu induk (pandhu)

Adanya daya mampu yang cukup dan sistem kelistrikan yang semakin andal ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Belitung, serta membuka peluang bagi para investor untuk berinvestasi, baik dalam bidang industri, bisnis, maupun pariwisata.

Sementara itu, General Manager Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Selatan (UIP Sumbagsel), Dendi Kusumawardana mengatakan bahwa SUTT 70 kV ini sudah dinyatakan layak bertegangan.

“Bentangan jaringan SUTT 70 kV Dukong-Manggar ini disokong oleh 386 tower dan telah mendapatkan rekomendasi laik bertegangan (RLB) sejak 22 Februari lalu sehingga siap untuk dioperasikan,”  Jelasnya. (*)

Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved