Breaking News:

Kriminalitas

Amankan Tiga Jerigen Tuak, Satpol PP Belitung Panggil Pemilik Warung, Buru Distributor Miras

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten berhasil mengamankan tiga jeriken lebih minuman keras (miras) jenis tuak

Posbelitung/Ferdi Aditiawan
Kasi Penertiban, Operasional, dan Pengendalian Satpol PP Belitung Rully Hidayat saat memberikan pembinaan dan arahan kepada salah satu pemilik warung yang terkena razia, Selasa (25/2/2020) sore di Kantor Satpol PP Belitung 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten berhasil mengamankan tiga jerigen lebih minuman keras (miras) jenis tuak atau arak dan satu kantong plastik kulit kayu raru yang diduga digunakan sebagai bahan campuran pembuatan tuak, Senin (24/2/2020) malam.

Miras tersebut diamankan dari tiga warung yang terletak di lokasi berbeda.

Warung pertama dengan nama pemilik Sandi Febri Josua Panggabean (22) terletak di Jalan A.Yani Desa Air Rayak Kecamatan Tanjungpandan.

Warung kedua dengan nama pemilik Edis Silaban (39) terletak di Jalan Serma Abdullah Desa Air Ketekok Kecamatan Tanjungpandan, serta warung ketiga dengan nama pemilik Jannes Pergaulan Sirait (42) terletak di Jalan Kerejan Desa Air Merbau Kecamatan Tanjungpandan.

Kepala Seksi (Kasi) Penertiban, Operasional, dan Pengendalian Satpol PP Kabupaten Belitung Rully Hidayat mengatakan miras tersebut berhasil diamankan berdasarkan laporan dari masyarakat yang resah akan peredaran tuak tersebut.

Selain itu juga melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Satpol PP selaku penegak Peraturan Daerah (Perda) yakni patroli wilayah rutin sebanyak tiga kali dalam sehari.

"Miras tersebut diangkut petugas karena dijual tanpa memiliki izin. Harga jualnya 10 sampai 20 ribu per-botol atau kantong plastik," kata Rully Hidayat kepada Posbelitung.co, Selasa (25/2/2020).

Barang bukti yang berhasil diamankan oleh petugas Satpol PP Kabupaten Belitung
Barang bukti yang berhasil diamankan oleh petugas Satpol PP Kabupaten Belitung (Ist/Satpol PP Belitung)

Untuk itu, pihaknya akan memanggil pemilik toko guna dimintai keterangan dari mana asal dan siapa distributor minuman keras (miras) tuak tersebut.

Sekaligus diberikan pembinaan, menandatangani surat pernyataan diatas materai, serta diarahkan agar mengurus perizinan secara lengkap.

Dikatakan Rully Hidayat Satpol PP saat ini memang sedang gencar melakukan razia terkhusus minuman keras (miras) jenis arak, tuak, dan obat-obatan demi terciptanya Kabupaten Belitung yang kondusif.

Lebih lanjut ia berpesan kepada orang tua agar lebih ketat melakukan pengawasan terhadap pergaulan anak.

Terkhusus bagi masyarakat apabila ada aktivitas jual beli miras dan barang lain di lingkungan sekitar agar segera melapor dan memberitahu ke pihak Satpol PP.

(Posbelitung.co/Ferdi Aditiawan)

Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved