Breaking News:

Hujan Ekstrem Bakal Terjadi hingga April 2020, BNPB Imbau Masyarakat Waspada

Menurut informasi yang didapat Agus, curah hujan yang cukup ekstrem terjadi hingga April 2020.

kompas.com
Jakarta kembali dilanda banjir lagi pada Minggu (23/2/2020) akibat hujan deras terus mengguyur sejak Sabtu (22/2/2020). Berikut situasi terkini. 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Kepala Pusat Data dan Infomasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Agus Wibowo mengimbau masyarakat untuk mewaspadai hujan ekstrem di sebagian wilayah Tanah Air.

Menurut informasi yang didapat Agus, curah hujan yang cukup ekstrem terjadi hingga April 2020.

"Puncaknya kan Februari tapi kan hujan itu masih terus berlangsung April kurang lebih dan sampai April itu kemungkinan ada terjadi juga yang kemungkinan ekstrem juga," kata Agus di Graha BNPB, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Agus meminta masyarakat waspada apabila turun hujan deras dalam waktu yang lama. Baca juga: Waspadai Hujan Ekstrem hingga Februari 2020 Dikhawatirkan kondisi tersebut berpotensi memunculkan banjir.

"Jadi kita semua tetap harus selalu waspada, siaga siapa tahu akan ada hujan yang cukup lama sehingga bisa jadi banjir lagi," ujarnya.

Di Jakarta, menurut Agus, penyebab banjir bukan hanya karena curah hujan tinggi. Tetapi juga sistem pembuangan air hujan yang kurang baik.

"Sehingga ini hanya karena hujan lokal yang banyak sementara saluran airnya tidak cukup menampung sehingga terjadi banyak genangan di mana-mana," ungkap Agus.

Sebelumnya diberitakan, BMKG memprediksi curah hujan berlangsung dari Januari hingga awal Februari. Curah hujan diprediksi akan tinggi di daerah Indonesia bagian barat dan selatan.

"Bulan Februari ini, kami menduga bahwa akan ada penguatan curah hujan di wilayah Indonesia, terutama Indonesia bagian barat dan selatan," kata Kepala Sub Bidang Peringatan Dini Iklim BMKG Supari, di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Jumat (31/1/2020). (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BNPB Imbau Masyarakat Waspadai Hujan Ekstrem hingga April 2020"

Editor: Tedja Pramana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved