VIDEO: Warga Desa Air Raya Belitung Tanam Padi Sistem Hidroponik

Kolam yang menggunakan terpal itu, untuk budidaya ikan lele dan ikan nila. Antara ikan dan tanaman padi ini, tentu ada hubungan yang sangat kuat ..

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Warga RT 26 Desa Air Raya, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung Sudirman kini menginspirasi warga Pulau Belitung. Lantaran melakukan penanaman padi menggunakan sistem Hidroponik.

Tanaman tersebut, diletakan oleh warga di Jalan Dahlan di lahan yang kosong bekas tambang, yang berada tidak jauh dari kediamannya.

Ada tiga rak berukuran panjang 12 meter dan lebar 2 meter untuk satu rak tanam padi itu.

Satu rak itu, untuk meletakan 336 pot berukuran kecil. Kreatif nya diantara rak-rak pot tersebut, bagian bawahnya dibentuk kolam sederhana, dengan ukuran yang sama dengan rak padi hidroponik itu.

Kolam yang menggunakan terpal itu, untuk budidaya ikan lele dan ikan nila. Antara ikan dan tanaman padi ini, tentu ada hubungan yang sangat kuat dan saling menyuburkan tanaman serta pembesaran ikan secara cepat maupun menghasilkan kualitas yang sangat baik.

Sekarang ini, Sudirman sendiri sudah pernah melakukan panen satu kali, untuk padi dan ikan lele.

Untuk satu rumpun padi yang ada di dalam satu pot itu, hasil panen pertama kemarin sudah menghasilkan 0,5 ons padi.

Sedangkan untuk biaya yang dihabiskan, dari awal hingga panen kemarin, Sudir hanya menghabiskan uang sebesar Rp 7.500.000,-.

Nilai itu tentu hanya besar pada pembelian pipa paralon, dan untuk penanamam selanjutnya Sudir tidak perlu repot lagi memikirkan pipa.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Tomi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved