Breaking News:

Berita Belitung

Begini Kata Kepala Dinas Pertanian Belitung Soal Padi Hidroponik yang Ditanam Sudirman

Destika Effenly mengatakan, padi hidroponik yang ditanam oleh Sudirman, seorang warga RT 26, Desa Aik Raya, Kecamatan Tanjungpandan, memiliki kualitas

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Dedi Qurniawan
Pos Belitung/Disa Aryandi
Padi Hidroponik milik Sudirman, Ketua RT 26 Desa Air Raya, Kecamatan Tanjungpandan. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung Destika Effenly mengatakan, padi hidroponik yang ditanam oleh Sudirman, seorang warga RT 26, Desa Aik Raya, Kecamatan Tanjungpandan, memiliki kualitas yang bagus.

Padi hidroponik tersebut merupakan padi organik dan sangat potensial untuk pengembangan tanaman organik.

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut sudah mengarahkan Sudirman untuk membuat kelompok tani kolong sampan.

"PPL kami sudah aktif kesana sejak awal di tanam, dan memang sudah kami arahkan untuk membentuk kelompok tani kolong sampan. Padi dengan sistem seperti tersebut sangat potensial sekali, dan murni organik," ujar Destika kepada Posbelitung.co, rabu (26/2/2020).

Apabila tidak murni organik, kata Destika, ikan yang ada dibawah kerumunan padi tersebut, tentu akan mati, lantaran bercampur dengan bahan kimia.

Namun untuk kondisi padi milik Sudirman tersebut, tumbuh sangat subur dan cepat.

"Melihat sangat mudah sekali, kalau ikan lele nya mati, pasti mati ikan itu. Nah kedepan tinggal bagimana kami melakukan pembinaan kembali," ucapnya.

Kata Destika, untuk padi dengan cara tanam sistem organik ini, memang kali pertama baru dilakukan oleh Sudirman, khusus di Provinsi Bangka Belitung.

"Iya baru pertama, dan ini akan kami tularkan kepada petani padi lainnya. Karena memang ini lebih bagus dibandingkan dengan sawah, soalnya dari segi pengontrolan air tidak perlu, soalnya tidak bersentuhan dengan media tanam, dan perawatan tentu lebih mudah," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua RT 26 itu memberikan contoh yang sangat luar biasa, untuk sistem baru penanaman padi.

Halaman
1234
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved