Breaking News:

Ridwan Kamil Resmikan Jabarano Coffee di Australia, Sediakan Kopi Jawa Barat

Sejauh ini, kopi Jawa Barat hanya bisa kamu temukan melalui kedai kopi tersebut di Melbourne.

Editor: Tedja Pramana
Albert Supargo
Ilustrasi biji kopi. 

POSBELITUNG.CO, MELBOURNE - Kini kamu tidak perlu bingung saat berlibur ke Australia dan ingin menikmati kopi Nusantara. Sebab, salah satu kedai kopi bernama Jabarano Coffee akan memanjakan rasa kangenmu terhadap Indonesia.

Menurut laman Antara, Sabtu (29/2/2020), Jabarano Coffee asli negeri kanguru tersebut baru saja diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Senin (24/2/2020) lalu demi mempromosikan kopi Jawa Barat.

Sejauh ini, kopi Jawa Barat hanya bisa kamu temukan melalui kedai kopi tersebut di Melbourne. Kendati demikian, dalam beberapa waktu ke depan mungkin kamu bisa menemukannya di tempat lain.

"Kemudian nanti di Sydney, Adelaide, dan juga di Perth. Kami ingin kopi Jawa Barat menjadi juara dalam pasar kopi dunia karena kita punya komoditas kopi yang sangat beragam," tutur Ridwan, mengutip Antara.

Menurutnya, di Australia masih jarang kedai kopi yang menjual kopi Nusantara. Oleh karena itu, Jabarano Coffee dapat dikatakan sebagai sebuah terobosan baru. Di kedai kopi tersebut, kamu bisa menikmati berbagai jenis kopi arabika yang masing-masing memiliki keunikan sendiri.

Namun jika kamu tidak terlalu suka arabika, mereka juga menyediakan jenis kopi spesial lain yang bisa kamu nikmati. Terkait biji kopi Nusantara yang akan diekspor ke luar negeri, Jabarano Coffee akan dijadikan sebagai tempat pengkurasian sebelum biji kopi masuk ke pasar dunia.

Melansir akun Instagram resminya, Jabarano Coffee mengambil pasokan biji kopi Nusantara dari lebih kurang 14 gunung di Indonesia. Tidak hanya itu, mereka juga bekerjasama dengan para petani kopi yang masih melakukan penanaman secara organik dan tradisional.

Tidak heran jika rasa dari biji kopi Nusantara yang telah diolah, baik itu kopi robusta maupun arabika, akan memiliki kualitas mumpuni. Jabarano Coffee terletak di 555 Flinders Lane, Melbourne, Australia. Kedai kopi tersebut buka setiap hari mulai pukul 05.30-15.30 waktu setempat.

Saat berkunjung ke sana, kamu tidak hanya disuguhi kopi tetapi juga beberapa makanan khas Nusantara yang mungkin sulit dicari di Australia. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Unik! Kopi Jawa Barat Dijual di Kedai Kopi Australia, Diresmikan Ridwan Kamil"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved