Breaking News:

Berita Belitung

Besok Pendaftaran Bakal Calon Pilkades Kabupaten Belitung Ditutup

Tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2020 di Kabupaten Belitung telah memasuki proses penjaringan bakal calon.

Posbelitung.co/Dede Suhendar
Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, DPPKBPMD Kabupaten Belitung Antonio Afriza 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2020 di Kabupaten Belitung telah memasuki proses penjaringan bakal calon.

Berdasarkan jadwal, proses pendaftaran bakal calon akan ditutup, pada Selasa (3/3/2020) besok tepatnya pukul 24.00 WIB.

Terdapat 15 desa di Kabupaten Belitung yang akan melaksanakan pilkades serentak yaitu Desa Air Saga, Desa Kacang Butor, Desa Keciput, Desa Membalong, Desa Mentigi, Desa Lassar, Desa Kembiri, Desa Gunung Riting, Desa Simpang Rusa, Desa Tanjung Rusa, Desa Bantan, Desa Selat NasIk, Desa Suak Gual, Desa Petaling dan Desa Pulau Gersik.

"Tahap penjaringan ini telah dibuka semenjak tanggal 24 Februari dan tutup tanggal 3 Maret. Jadi besok pendaftaran akan ditutup," kata  Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD) Kabupaten Belitung Antonio Afriza saat ditemui Posbelitung.co, Senin (2/3/2020).

Ia menjelaskan, jika jumlah bakal calon di satu desa lebih dari lima orang, maka panitia kabupaten akan melaksanakan proses seleksi.

Menurutnya proses seleksi penjaringan klarifikasi berkas tingkat kabupaten dijadwalkan semenjak tanggal 4-24 Maret mendatang.

Dilanjutkan penetapan bakal calon pada tanggal 25 Maret dan tanggal 30 Maret hingga 3 April dimulai proses seleksi tambahan.

Berdasarkan informasi sementara, kata Anton, baru Desa Selat Nasik yang jumlah bakal calon enam orang.

"Kalau kami lihat dari proses penjaringan seperti tidak banyak, mungkin ada satu dua desa. Tapi kami menunggu besok kabar terakhirnya," ungkapnya.

Anton menambahkan terkait persyaratan calon kades dimana seorang kades yang pernah mengundurkan diri tidak bisa mencalonkan kembali sudah selesai dibahas.

Halaman
12
Penulis: Dede Suhendar
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved