Pemerintah Tanggung Biaya Berobat Pasien Virus Corona

Terawan mengatakan tak ada batasan anggaran terkait penanganan virus corona di Indonesia.

Editor: Tedja Pramana
kompas.com
Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto (kanan, kemeja putih) dan Direktur RS Mitra Keluarga Depok Elisabeth Setyowati (kiri, berbatik) di RS Mitra Keluarga Depok, Senin (2/3/2020). 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Pemerintah akan menanggung seluruh biaya penanganan kedua pasien positif virus corona yang saat ini dirawat di RS Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

"Untuk hal yang seperti ini semua akan ditanggung oleh pemerintah," kata Menteri kesehatan Terawan Agus Putranto setelah membesuk kedua pasien tersebut di RSPI Sulianti Saroso, Senin (3/2/2020).

Bahkan, Terawan mengatakan tak ada batasan anggaran terkait penanganan virus corona di Indonesia. Hal itu ia sampaikan ketika ditanyai mengenai nominal yang disiapkan oleh pemerintah pusat terkait virus corona.

"Ya nominal ya susah, malah nanti ada batasnya enggak ada nominal," kata Terawan.

Selain itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik dan paranoid terkait munculnya penyakit yang berasal dari Wuhan, China ini. Menurut dia, kepanikan hanya akan menurunkan imunitas tubuh sehingga lebih rawan terserang penyakit.

"Karena itu nomor satu cara menjaga kita bukan dengan panik atau paranoid khawatir. Namun dengan menjaga imunitas tubuh kita. Kalau sakit pakai masker, kalau sehat ya enggak usah, jadi mengurangi oksigen dalam badan kita juga," tutur Terawan.

Sebelumnya diberitakan, dua WNI di Depok, Jawa Barat, positif terjangkit virus corona (Covid-19). Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto pun memaparkan kronologi dua WNI itu terjangkit virus corona.

"Awalnya ada WN Jepang yang tinggal di Malaysia melakukan perjalanan ke Indonesia. Lalu, dia kembali ke Malaysia setelah beberapa hari sakit," ujar Terawan.

WN Jepang tersebut kemudian diperiksa oleh tenaga medis di Malaysia. Setelah diperiksa beberapa hari, WN Jepang tersebut dipastikan positif terjangkit virus corona.

Terawan melanjutkan, tenaga medis di Malaysia memastikan bahwa WN Jepang itu terjangkit virus corona tepatnya pada pekan lalu. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan lantas melakukan pelacakan di wilayah mana saja di Indonesia WN Jepang tersebut beraktivitas.

"Kami lakukan tracking melakukan close contact dengan pasien ini. Kita tindak lanjuti, sistem di sini berjalan," ungkap Terawan. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Biaya Berobat Pasien Virus Corona Ditanggung Pemerintah"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved