Breaking News:

Berita Belitung

Pemilik Warung Kopi Manggar Kedapatan SImpan 20 Liter Arak, Bakal Disidang Kamis Besok

Warung Kopi di Desa Baru Manggar ini kedapatan menyimpan arak sebanyak 20 liter di semak-semak belakang warkopnya dan diindikasikan dijual bebas

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Penjual arak saat diinterogasi petugas. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pemilik warung kopi yang ditemukan menjual arak di tempatnya akan disidang pada Kamis (5/3/2020) di Pengadilan Negeri Tanjungpandan.

Warung Kopi di Desa Baru Manggar ini kedapatan menyimpan arak sebanyak 20 liter di semak-semak belakang warkopnya dan diindikasikan dijual bebas.

Satpol PP Beltim, Bhabinkamtibmas Desa Baru, Kadus setempat menangkapnya pada Kamis (27/2/2020).

Hal ini dikatakan Nazirwan selaku Penyidik Pegawai Negeri Sipil Satpol PP Belitung Timur saat ditemui posbelitung.co di kantornya, Senin (2/3/2020).

Ini merupakan proses lanjutan sesuai dengan peraturan daerah nomor 5 tahun 2017 tentang Pengendalian dan Peredaran Minuman Beralkohol dan Oplosan.

"Mengacu dari perda itu akan diproses tindak pidana ringan. Kami juga sudah memeriksa saksi-saksi terkait penjualan arak ini," jelas Nazirwan.

Dalam Kuhap, lanjutnya, proses tipiring harus segera melakukan sidang maksimal tujuh hari setelah tindakan penertiban yang dilakukan. Namun, karena ada beberapa hal jadi diundur sampai Kamis besok.

"Seharusnya Selasa atau Rabu, namun karena di Pengadilan Negeri ada pergantian kepala jadi setelah melakukan koordinasi diputuskan melakukan sidang hari Kamis," kata Nazirwan.

Ia mengungkapkan tahapan-tahapan dalam proses penyidikan dan semua mekanisme dalam Kuhap sudah lengkap dan dilaksanakan, seperti laporan kejadian hingga berita acara pemeriksaan.

Lebih lanjut, ia berkomitmen akan terus berupaya menegakkan perda dalam hal ini supaya ketertiban dan keamanan bisa terjaga. Penjual arak yang tak mempunyai izin akan diancam kurungan enam bulan dan/atau denda maksimal Rp 50 juta.

(Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved