Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Tak Hanya Dikenal dari Laskar Pelangi, Belitung Memang Laik Jadi Destinasi Wisata Karena Hal Ini

Selain memiliki brand image sebagai Negeri Laskar Pelangi, Belitung juga memiliki alam dan kekayaan laut yang luar biasa.

Posbelitung.co/Disa Aryandi
Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk Afrika Barat Mansyur Pangeran, sabtu (4/1/2020) ketika berada di Pantai Tanjung Tinggi, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sejak ditayangkannya film Laskar Pelangi pada tahun 2008 silam, Belitung menjadi satu diantara tujuan destinasi oleh wisatawan dari dalam maupun mancanegara.

Oleh Kementerian Pariwisata, Belitung ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi prioritas di Indonesia.

Data yang dihimpun dari Kementerian Pariwisata menunjukan, setelah kemunculan film Laskar Pelangi, kunjungan wisatawan nusantara ke Provinsi Belitung meningkat lebih dari seribu persen pada tahun 2014.

Dia beralasan, Film merupakan sebuah media positif dalam mengenalkan destinasi maupun kebudayaan di suatu daerah.

"Film merupakan satu media yang sangat kuat untuk mempromosikan suatu destinasi,"kata Fadjri Djagahitam Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kepada bangkapos.com, Senin (02/03/20).

Dia menambahkan, imbas dari film Laskar Pelangi, Belitung menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak digandrungi oleh para wisatawan, baik dalam maupun luar negeri.

Selain memiliki brand image sebagai Negeri Laskar Pelangi, Belitung juga memiliki alam dan kekayaan laut yang luar biasa.

"Kedekatan Belitung dengan Singapura dan Malaysia, Sehingga Belitung masuk daerah prioritas nasional, masuk ke dalam Kawasan Strategis Nasional (KSPN Tanjung Kelayang) serta Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Kelayang,"lanjut Fadjri.

Tidak sampai disitu, Fadjri juga mengatan, selain destinasi alam, Belitung masih memiliki potensi yang belum diolah secara maksimal seperti Kebudayaannya.

"Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dilewati oleh Sabuk Granit Dunia (World Tins Belt), Sehingga Belitung memiliki Wisata Pantai yang khas, dengan konfigurasi batuan granitnya," tutur Fadjri.

"Selain potensi pariwisata bahari, Belitung juga perlu mengeksplor kulinernya, budaya (budaya Melayu Belitung)," lanjut Fadjri.

(Bangkapos.com/ Suhardi Wiranata)

Editor: Hendra
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved