Breaking News:

Berita Belitung Timur

Jangan Takut Berlebihan Terkait Virus Corona, Ini Imbauan IPCN RSUD Belitung Timur

Ia mengatakan, sudah menyediakan masker bedah kepada setiap pengunjung maupun pasien agar menghindari masuknya virus ke dalam tubuh.

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
IPCN RSUD Belitung Timur, Lili Sukini 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Infection Prevention Control Nurse (IPCN) RSUD Belitung Timur, Lili Sukini mengatakan penularan virus corona menyebarnya melalui batuk atau bersin alias droplet.

Untuk itu masyarakat jangan terlalu khawatir jika sekitarnya tidak menampakkan gejala tersebut.

"Radius penularannya pun satu sampai satu setengah meter. Jadi upayakan selalu menjaga kebersihan diri dan selalu cuci tangan memakai sabun atau cairan pembersih lainnya,"  jelas Lili Sukini kepada Posbelitung.co, Selasa (3/3/2020) saat rombongan DPRD Beltim menyidak kesiapan RSUD Beltim dalam penanganan vorus corona.

Ia mengatakan, sudah menyediakan masker bedah kepada setiap pengunjung maupun pasien agar menghindari masuknya virus ke dalam tubuh.

Sedangkan untuk tenaga medis memakai masker N-95 karena yang paling rentan terkena virus ini yakni mereka yang melakukan tindakan-tindakan yang menimbulkan aerosol.

"Kami sediakan masker bedah di poli-poli, utamanya loket pendaftaran karena di situ banyak orang keluar masuk, serta di tempat-tempat umum di lingkungan RSUD," kata Lili.

Ia menekankan kepada masyarakat agar jangan panik berlebihan karena memang virus ini bisa tersebar hanya dalam radius tertentu dan lewat droplet. Sebagai informasi, RSUD Beltim memiliki ketersediaan masker mencapai 500 unit N-95 dan ribuan masker bedah.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Belitung Timur Yulhaedir saat ikut sidak DPRD ke RSUD Beltim, Selasa (3/3/2020).
Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Belitung Timur Yulhaedir saat ikut sidak DPRD ke RSUD Beltim, Selasa (3/3/2020). (Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Masyarakat Jangan Panik

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Belitung Timur Yulhaedir mengimbau agar masyarakat Belitung Timur tetap tenang dalam menghadapi virus corona yang sudah ada di Indonesia.

Ia menyarankan masyarakat agar selalu cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer agar selalu terjaga dari kuman.

Halaman
1234
Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved