Breaking News:

Berita Belitung Timur

RSUD Belitung Timur Siap Tangani Corona Walaupun Hanya RS Lintasan, Siapkan Ruang Isolasi hingga APD

Plh Direktur Utama RSUD Belitung Timur Yatie mengaku siap menerima pasien di Belitung Timur yang dicurigai terjangkit virus corona.

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Plh Dirut RSUD Beltim Yatie saat menunjukkan ruangan isolasi kepada Ketua DPRD Beltim Fezzi Uktolseja dan rombongan, Selasa (3/3/2020). Ruangan ini nantinya dipakai untuk pasien yang memiliki gejala pneumonia berat.o) 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG--Plh Direktur Utama RSUD Belitung Timur Yatie mengaku siap menerima pasien di Belitung Timur yang dicurigai terjangkit virus corona.

Walaupun RSUD Beltim hanya sebagai lintasan yang artinya bukan RS rujukan nasional, namun pihaknya siap menangani ditahap awal penanganan.

Alat Pelindung Diri (APD), tenaga dokter dan perawat, hingga ruang isolasi sudah disiapkan oleh pihaknya supaya dalam penanganan awal terhadap virus corona.

"Kami akan lakukan penanganan awal terhadap pasien tersebut. Nanti setelah semua pemeriksaan sudah dilakukan dan menunjukkan gejala-gejala virus tersebut maka akan segera kami rujuk ke RSUD Marsidi Judono yang merupakan RS rujukan nasional," terang Yatie kepada Posbelitung.co, Selasa (3/3/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan sudah melakukan rapat koordinasi sejak Januari lalu mengenai hal ini. Pihaknya mengumpulkan dokter spesialis yang paham mengenai gejala-gelaja corona dan menyosialisasikannya ke tenaga medis di RSUD.

Mengenai alur pengobatan pasien datang ke UGD dengan gejala batuk dan sesak langsung dianamese dari petugas dan misalnya positif mengarah ke pneumonia berat maka langsung dirujuk ke Tanjungpandan.

"Penanganan di UGD tetap diusahakan safety karena resiko penularan kepada petugas yang bersentuhan langsung dengan pasien bisa tertular sangat besar," kata Yatie.

Namun memang, RSUD Beltim hanya RS lintasan maka tidak mendapatkan kuota APD dari pusat. Alokasi APD dari pusat hanya untuk rs rujukan yakni di Tanjungpandan sebanyak 10 unit APD.

"Karena jumlahnya terbatas makanya cuma diberi ke RS rujukan di Tanjungpandan dan Depati Hamzah. Tapi kami kemarin bisa melakukan pengadaan terhadap APD jadi kami siap melakukan penanganan awal terhadap corona di Beltim," kata Yatie.

Ketua DPRD Fezzi Uktoseja dan rombongan saat bertemu dengan Plh Direktur Utama RSUD Beltim Yatie di Kantor RSUD Beltim, Selasa (3/3/2020).
Ketua DPRD Fezzi Uktoseja dan rombongan saat bertemu dengan Plh Direktur Utama RSUD Beltim Yatie di Kantor RSUD Beltim, Selasa (3/3/2020). (Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

DPRD Belitung Timur Lakukan Sidak

Halaman
12
Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved